Ukuran Kunci pas (spanners)

 Alat ukur, Artikel
loading...

Kunci pas (spanners) digunakan untuk mengencangkan dan membuka baud dan mur dengan memutarkannya. Ukuran kunci pas ditentukan oleh ukuran bukaan rahangnya (jaws), yang sedikit besar dari ukuran mur atau baud yang dirancang untuk memasang mur atau baud. Ada beberapa jenis kunci pas yang terdiri dari kunci pas tetap dan dapat diatur seperti yang ditunjukan pada gambar

Kunci pas

Beberapa jenis kunci pas biasa terdiri dari :

  1. Kunci pas terbuka (open-ended spanner) yang memiliki rahang terbuka pada kedua ujungnya. Biasanya dalam 1 set, berbagai ukuran, meliputi ukuran yang berbeda pada masing-masing ujungnya.
  2. Kunci pas tertutup (ring spanner) lebih aman dari pada Kunci pas terbuka. Gengamannya terwujud oleh titik lingkaran dalam. Ini mengurangi perubahan tergelincirnya rahang dari mur, selama lingkaran kepalanya lengkap. Juga dapat digunakan pada mur yang sudutnya lebih banyak.  Kunci pas kombinasi (combination spanner) terdapat rahang terbuka dan tertutup pada masing-masing ujungnya, jadi kombinasi dalam satu alat yang memiliki dua keunggulan. Ujung rahangnya yang tertutup baik untuk melepaskan mur yang kuat, selain itu ujung rahangnya yang terbuka dapat membuka mur lebih cepat.
  3. Kunci shok (socket wrenches) sangat serba guna karena tersedia berbagai macam asesoris, meliputi ratchet drives, extensions dan universal joint yang dapat diputarkan ke berbagai sudut. Kunci shok dapat diganti-ganti pada gagang soketnya dan genggaman pada mur sama seperti kunci ring.
  4. Kunci pas yang dapat diatur (adjustable spanners) memiliki rahang terbuka yang dapat diatur sehingga lebih mudah digunakan karena satu alat dapat digunakan pada baud yang ukurannya berbeda-beda. Cocok untuk berbagai pekerjan perakitan yang ringan pada pekerjaan kelistrikan. Bagaimanapun juga tidak dirancang untuk menggantikan kunci pas yang lebih cocok untuk pekerjaan yang berat.

Author: 

No Responses

Comments are closed.