Teori Atom Rutherford

 Artikel, Uncategorized

Rutherford menemukan bukti bahwa dalam atom terdapat inti atom yang bermuatan positif, berukuran lebih kecil daripada ukuran atom tetapi massa atom hampir seluruhnya berasal dari massa intinya. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom serta elektron bergerak melintasi inti menyerupai planet dalam tata surya.

Rutherford

Ernest Rutherford, dilahirkan di Cambridge 30 Agustus 1871, Spring Grove, NZ. Dia meninggal 19 Oktober 1937, juga di Cambridge, Cambridgeshire, Eng.), Rutherford fisikawan kelahiran Inggris dianggap sebagai pencoba terbesar sejak Michael Faraday (1791-1867). Rutherford adalah tokoh sentral dalam studi radioaktif, dan dengan konsep tentang atom nuklir. Dia memimpin eksplorasi fisika nuklir.

Inti Atom Dikelilingi Elektron: Pada awal abad ke- 20, antara 1906-1908 Sir Ernest Rutherford (1871- 1937) menunjukkan bahwa partikel-partikel yang
dipancarkan oleh bahan radioaktif hampir seluruhnya dapat menembus lembaran tipis metal, dan sangat sedikit partikel yang dipantulkan. Kejadian ini membuat Rutherford percaya bahwa sebagian besar dari suatu atom adalah berupa ruang kosong. Rutherford kemudian memberi gambaran bahwa muatan positif atom terkonsentrasi dalam ruang kecil di pusat atom (yang kemudian disebut inti atom) dan dikelilingi oleh elektron-elektron. Inti atom inilah yang memantulkan partikel radioaktif apabila kebetulan partikel ini menabrak inti atom; sementara partikel yang tidak menabrak inti atom akan melewati ruang kosong di sekitar inti atom. Partikel bermuatan positif yang berada dalam inti atom dinamakan proton.

Kelemahan Model Atom Rutherford:

  1. Ketidakmampuan untuk menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom akibat gaya tarik elektrostatis inti terhadap elektron,
  2. Menurut teori Maxwell, jika elektron sebagai partikel bermuatan mengitari inti yang memiliki muatan yang berlawanan maka lintasannya akan berbentuk spiral dan akan kehilangan tenaga/energi dalam bentuk radiasi sehingga akhirnya jatuh ke inti.

Author: 

No Responses

Comments are closed.