Teknologi MMX

 Artikel, Mikroprosesor, Uncategorized

Intel mengembangkan teknologi MMX yang dilengkapi dengan 57 instruksi baru, kecepatan akses yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, peningkatan fasilitas sehingga dapat digunakan untuk memenuhi fitur-fitur pemrograman multimedia dan komunikasi. Hal tersebut pada generasi sebelumnya dilakukan dengan beberapa prosesor dalam mengimplementasikan pemrograman komunikasi data dan aplikasi suara. Secara hardware ada peningkatan dari sisi jumlah register pendukung prosesor dalam melakukan operasinya, yaitu sejumlah 64-bit register di tambahkan ke dalam chip prosesor.

Core Prosesor Pentium pertama oleh intel diberi kode P5, dan produk ini menggunakan mikroprosesor tipe 80501 yang sebelumnya digunakan tipe 80500. Terdapat dua versi dengan spesifikasi operasi clock 60 MHz dan 66 MHz, tegangan yang digunakan 5 volt seperti layaknya tegangan yang digunakan pada chip IC TTL. Dihitung dari transistor yang terpasang dalam chip IC-nya mencapai 3,1 juta dan dikemas dalam ukuran 16,7×17,6 mm yang berarti luas areanya adalah 293.92 mm2 dan dibangun dalam proses 0.8 μm BiCMOS. Arsitektur haradware P5 adalah berbasis pada Intel 8080 dengan penambahan kecepatan clock dan kemampuan untuk memfasilitasi komunikasi data, multi media oleh karena itu dikenal dengan teknologi MMX (Multi Media Extenstion). Berikut merupakan gambar arsitektur P5.

Arsitektur Intel P5

Arsitektur Intel P5

Peningkatan kecepatan operasi dibuat oleh intel dengan produknya P54C (80502, prosesor ini bekerja engan operasi clock 75, 90, atau 100 MHz menggunakan sumber tegangan 3.3 volt. Prosesor ini merupakan generasi pertama yang menggunakan tegangan 3,3 volt sehingga dapat mereduksi pemakaian daya listrik. Untuk memberikan jaminan rangkaian internal bekerja dengan frekuensi lebih tinggi dari P5 maka prosesor ini dilengkapi dengan sebuah nternal clock multiplier, dengan demikian akan berdampak pula untuk operasi external address dan bus data yang makin komplek. Hal inipun memungkinkan penerapan teknologi two-way multiprocessing, sistem interupsi memiliki fitur baru pengelolaan interupsi sebagaimana diberlakukan pada chip 8259. Jumlah transistor di dalamnya mencapai 3,3 juta dan dalam ukuran kemasan 163 mm2. Pabrikasi dilakukan dengan teknologi proses BiCMOS yang dilakukan dengan ketebalan 0.5 μm dan 0.6 μm.

Pengembangan P54C diikuti tipe berikutnya yaitu P54CQS yang beroperasi pada 120 MHz, dan tipe berikutnya P54CQS dikuti tipe P54CS yang beroperasi pada 133, 150, 166 dan 200 MHz. Tipe MMX berikutnya adalah P55C (80503) yang dikembangkan oleh Intel’s Research & Development Center di Haifa, Israel, dan menjualnya di pasaran dengan sebutan Pentium with MMX Technology yang selanjutnya lebih dikenal dengan Pentium MMX, walaupun dasar pengembangan adalah P5 namun demikian fitur ditambahkan instruksi baru sejumlah 57 instruksi MMX dengan maksud meningkatkan performansi tugas-tugas multimedia, seperti encoding dan decoding digital media data (Oktober 1996).

Instruksi pada prosesor ini bekerja dengan tipe data paket 64-bit, meliputi integer 8-bit, 4 integer 16-bit, dua integer 32-bit, atau satu integer 64-bit. Sebagai contoh instruksi asembler PADDUSB (Packed ADD Unsigned Saturated Byte) merupakan instruksi penjumlahan dua vektor, dimana setiap vektor berisi 8-bit unsigned integer. Berisi 4,5 juta trasistor dan dengan ukuran luas 140 mm2, pabrikasi dilakukan dengan teknologi proses 0.28 μm CMOS.

Author: 

No Responses

Comments are closed.