Teknik Phase Modulasi (PhM)

 Artikel, Elektro Dasar, Uncategorized

Modulation ini menggunakan perbedaan sudut fasa dari sinyal analog untuk membedakankedua keadaan sinyal digital. Pada cara modulasi ini amplitudo dan frekuensinya tetap, sedangphasa-nya yang berubah-ubah.Cara modulasi ini yang paling baik tetapi juga paling sukar. Biasanya dipergunakan untukpengiriman data dalam jumlah yang banyak dan dalam kecepatan yang tinggi

PHM

Tekhnik Phase Modulasi (PhM)
Phase modulasi merupakan bentuk modulasi yang merepresentasikan informasi sebagaivariasi fase dari sinyal pembawa. Hampir mirip dengan FM, frekuensi pembawa juga bervariasikarena variasi fase dan tidak merubah amplitudo pembawa. Phase modulasi jarang digunakankarena memerlukan perangkat keras penerima yang lebih kompleks. Keuntungan phase modulasiadlah potensi gangguan dan daya yang dibutuhkan lebih kecil.
 
 Penerapan Phase Modulasi (PhM)
 Dalam proses modulasi ini fase dari frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuaidengan perubahan status sinyal informasi digital. Sudut fase harus mempunyai acuan kepadapemancar dan penerima. Akibatnya, sangat diperlukan stabilitas frekuensi pada pesawat penerima.Guna memudahkan memperoleh stabilitas frekuensi pada penerima, kadang-kadang dipakai untuksuatu teknik yang koheren dengan PSK yang berbeda-beda.
 
 Kekurangan dan Kelebihan
Kekurangan :
Lebih rumit dibandingkan AM.
Kelebihan :
Potensi noise (gangguan atmosfir) lebih kecil.

Author: 

No Responses

Comments are closed.