Seven Segment

 Artikel, Elektro Dasar, Uncategorized

Seven segment merupakan display visual yang umum digunakan dalam dunia digital. Seven segment sering dijumpai pada jam digital, angka digital dan termometer digital. Penggunaan secara umum adalah untuk menampilkan informasi secara visual mengenai dataa-data yang sedang diolah oleh suatu rangkaian digital.

Seven segment tidak lain adalah sebuah penampil beri delapan buah LED yang tersusun membentuk angka delapan. Setiap LED yang menyusunnya diberikan lebel dari ‘a’ sampai ‘h’ dengan salah satu terminal LED dihubungkan menjadi satu sebagai kaki common

Gambar 2.4 (a) memperlihatkan tampi LED segi empat (A sampai G). Setiap karena ia membentuk bagian dari karakter yang sedang di tampilkan. adalah diagram skematik dari tampilan digunakan untuk membatasi arus yang masuk. Dengan menghubungkan satu atau lebih tahanan dengan bumi, dapat di bentuk semua bilangan dari 0 sampai dengan 9. Misalnya, dengan menghubungkan A, B dan C ke Dengan menghubungkan A, B, C, D dan G ke Seven segment dapat menampilkan angka karakter tertentu melalui kombinasi aktif atau tidaknya LED penyusunan dalam seven segment.

Seven segment

Untuk memudahkan penggunaan seven segment, umumnya digunakan sebuah decoder atau seven segment driv dalam seven segment sesuai dengan nilai biner yang diberikan. Seven segment tidak lain adalah sebuah penampil berisi desimal yang berisi delapan buah LED yang tersusun membentuk angka delapan. Setiap LED yang menyusunnya diberikan lebel dari ‘a’ sampai ‘h’ dengan salah satu terminal LED dihubungkan menjadi satu sebagai kaki common. (a) memperlihatkan tampilan 7-segment; yang terdiri dari tujuh LED segi empat (A sampai G). Setiap Light Emitting Diode (LED) disebut segment karena ia membentuk bagian dari karakter yang sedang di tampilkan.

Gambar 2.4 adalah diagram skematik dari tampilan 7-segment ; tahanan seri eksternal telah digunakan untuk membatasi arus yang masuk. Dengan menghubungkan satu atau lebih tahanan dengan bumi, dapat di bentuk semua bilangan dari 0 sampai dengan 9. Misalnya, dengan menghubungkan A, B dan C ke ground, maka di peroleh Dengan menghubungkan A, B, C, D dan G ke ground maka diperoleh angka 3.

Author: 

No Responses

Comments are closed.