Resistor Dingin (PTC) dan Resistor Panas (NTC)

 Listrik Dasar
loading...

P(ositive) T(emperatur) C(oefficient) atau termistor PTC adalah suatu resistor yang mempunyai koefisien temperatur positif yang sangat tinggi. Dalam beberapa hal PTC ini berbeda dengan NTC seperti yang dituliskan berikut ini :

  • Koefisien temperatur dari termistor PTC akan positif hanya antara daerah temperatur tertentu . Diluar daerah temperatur ini, koefisien temperaturnya bisa nol ataupun negatif .
  • Harga koefisien temperatur mutlak dari termistor PTC , hampir dalam seluruh kejadian jauh lebih besar daripada yang dimiliki oleh termistor NTC .

Perlu dicatat bahwa skala resistansi adalah dalam logaritmik dan resistansinya berubah mulai dari beberapa ratus ohm pada temperatur 75° C dan beberapa ratus kilo ohm pada temperatur 150°C.

Termistor NTC (Negative Coefisien Temperature) merupakan resistor dengan koefisien temperatur negatif yang sangat tinggi. Termistor jenis ini dibuat dari oksida dari kelompok elemen transisi besi ( misalnya FE2O3, NiO CoO dan lain – lain ) .Oksida – oksida ini mempunyai resistivitas yang sangat tinggi dalam zat murni , tetapi bisa ditransformasikan kedalam semi konduktor dengan jalan menambahkan sedikit ion – ion lain yang valensinya berbeda . Harga nominal biasanya ditetapkan pada temperatur 25°C . Perubahan resistansi yang diakibatkan oleh non linieritasnya ditunjukkan dalam bentuk diagram resistansi dengan temperatur , seperti yang ditunjukkan pada Gambar  berikut ini

NTC

(a) Bentuk fisik (b) simbol NTC (c) Grafik nilai tahanan NTC akibat suhu

Bilamana memungkinkan untuk menemukan termistor NTC untuk memenuhi seluruh harga NTC yang dibutuhkan, kadang – kadang jauh lebih ekonomis bila beberapa NTC digabung atau diadaptasikan harga-harga resistansi yang sudah ada dalam rangkaian dengan salah satu atau lebih termistor NTC yang kita punyai .Kadang-kadang , dengan menambah resistor seri dan paralel dengan NTC , dan kita bisa memperoleh harga termistor NTC standart yang kita perlukan . Seandainya tidak bisa maka kita perlu mencari type termistor NTC khusus yang kita butuhkan .

Author: 

No Responses

Leave a Reply