Relay elektronik (Solid State Relay (SSR)

 Artikel, Elektro Dasar
loading...

Yang dimaksud relay elektronik disini adalah Solid State Relay (SSR), merupakan saklar elektronis yang tidak seperti relay elektromekanis, dimana SSR ini tidak berisi bagian yang bergerak. Jenis SSR adalah foto-coupled SSR, transformer-coupled SSR, dan hibrida SSR. Sebuah foto-digabungkan SSR dan dikontrol oleh sinyal tegangan rendah yang terisolasi secara optik dari beban. Sinyal kontrol dalam foto yang biasanya digabungkan dengan SSR energi adalah sebuah LED yang mengaktifkan sebuah foto-dioda sensitif. Dioda berputar pada back-to-back thyristor,silikon penyearah terkendali, atau MOSFET transistor untuk mengaktifkan beban.

Solid State Relay

SSR Ditetapkansebagaimana kontrol ON-OFF di mana arus beban dilakukan oleh satu atau lebih semikonduktor – misalnya, sebuah transistor daya, sebuah SCR, atau TRIAC. SCR dan TRIAC sering disebut “thyristors” sebuah istilah yang diperoleh dengan menggabungkan thyratron dan transistor, karena dipicu thyristor semikonduktor switch“. (Sebagai referensi tolong dibaca kembali teori dasar komponen semikonduktor dan elektronika daya pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik 2 atau referensi lain).

Pada relay umumnya, SSR relatif rendah membutuhkan kontrol – sirkuit energi untuk beralih keadaan menjadi keluaran dari OFF ke AKTIF, atau sebaliknya Karena energi kontrol ini sangat jauh lebih rendah daripada daya keluaran yang dikendalikan oleh relay pada beban penuh, “power gain” dalam SSR adalah substansial – sering banyak lebih tinggi daripada di estafet elektromagnetik yang sebanding. Dengan kata lain, sensitivitas dari SSR seringkali jauh lebih tinggi daripada sebuah EMR (Elektromekanik Relai) dari output yang sebanding rating. Solid State Relay (SSR) mampu melakukan banyak tugas yang sama sebagai relay elektromekanis (EMR). Perbedaan utama adalah bahwa SSR tidak memiliki bagian mekanik yang bergerak didalamnya. Pada dasarnya, ini adalah perangkat elektronik yang bergantung pada listrik, magnetik, dan optic semi konduktor dan sifat komponen listrik untuk mencapai isolasi dan fungsi switching Relay

Author: 

No Responses

Comments are closed.