Reaksi Jangkar

 Artikel, Elektro Dasar, Uncategorized

Medan magnet untuk generator DC berasal dari kutub elektromagnet, berupa belitan kawat yang diberikan listrik DC, diperoleh kutub Utara (North)- Selatan (South). Medan magnet melewati rotor seperti ditunjukkan arah panah. Dengan mengatur besarnya arus eksitasi yang melewati belitan magnet, makin besar kuat medan magnet yang dihasilkan. Posisi garis netral tegak lurus dengan medan magnet

Dalam belitan rotor sesuai prinsip induksi dibangkitkan tegangan listrik, ketika generator diberikan beban mengalir arus listrik pada belitan rotor. Pada saat itu dalam rotor juga dibangkitkan medan elektromagnet, menurut prinsip hukum tangan kanan, arah medan magnetnya ke arah panah.

Pergeseran Garis

Pergeseran Garis Netral akibat Reaksi jangkar

Besar kecilnya medan magnet di rotor berbanding lurus dengan besar kecilnya arus beban. Saat arus beban maksimum, medan magnet rotor maksimum, saat arus beban minimum maka medan magnet rotor juga minimum. Interaksi antara medan magnet stator dengan medan elektromagnet rotor mengakibatkan jalannya medan magnet bergeser beberapa derajat. Pergeseran garis netral searah dengan arah putaran rotor. Untuk mendapatkan tegangan maksimum, maka sikat arang yang semula segaris dengan garis magnet utama, kini bergeser beberapa derajat dari garis netral teoritis.

Pergeseran garis netral akan melemahkan tegangan nominal generator, untuk mengembalikan garis netral ke posisi awal dipasangkan medan magnet bantu (interpole). Belitan magnet bantu berupa kutub magnet yang ukuran fisiknya lebih kecil dari kutub utama.

Kutub Magnet

Kutub Magnet Utama dan Kutub Bantu Mesin DC

Kutub bantu akan memperpendek jalannya garis medan magnet. Dengan dipasang kutub bantu kini garis netral kembali ke posisi semula, dan kedudukan sikat arang tegak lurus segaris dengan kutub utamanya. Rangkaian kutub bantu disambungkan seri dengan belitan rotor, sehingga kuat medan magnet kutub bantu yang dihasilkan sebanding dengan arus ke beban. Untuk memperbaiki pengaruh reaksi jangkar, dikembangkan belitan kompensasi yang dipasangkan pada kaki kutub utama baik pada belitan kutub utara-maupun kutub selatan. Kini dalam rangkaian generator DC memiliki tiga belitan magnet, yatitu belitan magnet utama, belitan magnet bantu (interpole) dan belitan magnet kompensasi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.