Prinsip Kemagnetan

 Artikel
loading...

Magnet yang kita lihat sehari-hari jika didekatkan dengan besi, maka  besi akan menempel. Magnet memiliki dua kutub, kutub utara dan kutub  selatan. Magnet memiliki sifat pada kutub berbeda saat didekatkan akan  saling tarik menarik (utara – selatan). Tapi jika kutub berbeda didekatkan  akan saling tolak-menolak (utara-utara atau selatan-selatan)

Sifat magnet saling tarik menarik, tolak -menolak

Sifat magnet saling tarik menarik, tolak -menolak

Batang magnet dibagian tengah antara kutub utara-kutub selatan,  disebut bagian netral gambar dibawah Bagian netral magnet artinya tidak  memiliki kekuatan magnet. Magnet bisa dalam ujud yang besar, sampai  dalam ukuran terkecil sekalipun. Batang magnet panjang, jika dipotong  menjadi dua atau dipotong menjadi empat bagian akan membentuk kutub utara-selatan yang baru.

Kutub utara-selatan magnet permanet

Kutub utara-selatan magnet permanet

Untuk membuktikan bahwa daerah netral tidak memiliki kekuatan magnet. Ambil beberapa sekrup besi, amatilah tampak sekrup besi akan  menempel baik diujung kutub utara maupun ujung kutub selatan  Daerah netral dibagian tengah sekrup tidak akan menempel sama  sekali, dan sekrup akan terjatuh.

Author: 

No Responses

Leave a Reply