Pengurangan ketelitian (Dilutio Of Precision/DOP)

 Artikel
loading...

12.2.5.5. Pengurangan Ketelitian Pengurangan ketelitian (Dilutio Of Precision/DOP) adalah mengukur kekuatan geometri satelit dan dikaitkan dengan jarak dan posisi satelit di angkasa. DOP dapat memperbesar pengaruh kesalahan satelit. Secara prinsip dapat diilustrasikan dengan baik melaui diagram.

Cakupan satelit dpengaruhi oleh cakupan kesalahan yang telah diuraikan sebelumnya. Bila satelit dalam ruang yang baik posisi dapat ditentukan sebagaimana area yang dinaungi ditunjukan dalam gambar. dan kemungkinan kesalahan garis tepi kecil. Bila satelit terbuka area yang dinaungi ukurannya bertambah, menambah ketidakpastian posisi. Perbedaan jenis DOP dapat dihitung tergantung pada dimensinya. Ketelitian pengukuran tergantung perbandingan nilai DOP. Ini berarti jika nilai DOP lipat dua kali kesalahan penentuan posisi bertambah dengan kelipatan dua.

Pengukuran DOP

  • VDOP : Vertikal Dilution of Precision. Memberikan penurunan ketelitian dalam arah vertikal.
  • HDOP : Horizontal Dilution of Precision. Memberikan penurunan ketelitian dalah arah horizontal.
  • PDOP : ¬†Positional Dilution of Precision. Memberikan penurunan ketelitian posisi tiga dimensi .

PDOP dapat diinterpretasikan sebagai harga timbal balik suatu tetrahedron yang dibentuk oleh posisi satelit dan pemakai sebagaimana ditunjukkan pada gambar 12-28. Situasi geometri terbaik terjadi bila volume maksimum dan PDOP pada harga minimum. PDOP berperan penting dalam perensanaan pengukuran proyek selama awal tahun GPS seperti penyebaran yang terbatas, frekuensi yang dihasilkan, bila peta bintang satelit secara geometris kurang baik. Penyebaran satelit sekarang ini sangat bagus nilai PDOP dan GDOP jaang kurang dari tiga.

Author: 

No Responses

Comments are closed.