Penguat Amplifier

 Artikel, Elektro Dasar
loading...

Amplifier adalah perangkat yang memperkuat sinyal input yang ditangkap oleh mikropon, tegangan input U1 dan arus I1 diperkuat oleh penguat amplifier dan hasil keluarannya berupa tegangan output U2 dan arus output I2 yang di reproduksi lagi sesuai aslinya oleh speaker Penguat amplifier memiliki faktor penguatan, meliputi penguat tegangan, penguat arus dan penguat daya. Transistor memiliki kemampuan untuk menjadi penguat amplifier dengan melihat pada karakteristik output. Karakteristik output Transistor BC107 memperlihatkan empat kuadrat . Pada kuadran 1 terdapat impedansi output arus AC rCE. Pada kuadrant II terdapat faktor penguatan arus β. Kuadran III, terdapat impedansi input arus AC rBE

perubahan arus basis IB berpengaruh pada perubahan arus kolektor. Titik A merupakan titik kerja linier untuk menentukan besarnya ratio perubahan.

 

Prinsip Kerja Penguat

Sebuah penguat Transistor BC107 akan diperiksa dengan osiloskop pada empat titik pengamatan. Titik pertama pada titik input dengan mengukur tegangan U1, titik kedua mengukur input pada tegangan basis-emitor UBE, titik ketiga mengukur tegangan kolektor-emitor UCE dan titik keempat mengukur tegangan output U2.

Karakteristik output yang terlihat memiliki garis beban yang ditarik dari garis tegak 20mA dan garis horizontal 12V . Garis memiliki tiga titik beban yang berpusat di A dan sisi atas A1 dan sisi bawah A2. Garis beban ini menjelaskan bahwa penguat jenis ini adalah disebut penguat klas A. Penguat klas A digunakan untuk menguatkan sinyal input pada penguat awal. Jika dari garis beban, titik kerja A bergeser ke bawah mendekati sumbu horizontal UCE, maka dikatakan sebagai penguat dengan klas AB atau klas B . Dari titik kerja AB ditarik garis ke bawah memotong garis horizontal UCE, maka bentuk gelombangnya hanya separuh dari sinyal input sinusoida yang masuk. Untuk mendapatkan secara utuh penguatan sinyal input sinusoida diperlukan dua penguatan kelas AB secara push-pull.

Author: 

No Responses

Comments are closed.