Pengertian Sinar X

 Artikel, Uncategorized

Sinar X pada dasarnya sama seperti cahaya nampak. Keduanya mempunyai bentuk gelombang serupa membawa energi gelombang elektromagnetik dengan partikel yang disebut photon. Perbedaan antara sinar tampak dan sinar X adalah tingkat energi dari photon individualnya. Ini juga diekspresikan sebagai panjang gelombang cahaya.

pesawat sinar-x

Mata kita sensitip terhadap panjang gelombang tertentu dari cahaya tampak, namun tidak demikian untuk penjang gelombang yang lebih pendek dari energi sinar X gelombang yang lebih tinggi atau panjang gelombang yang lebih panjang dari energi gelombang radio yang lebih rendah. Photon cahaya tampak dan photon sinar X keduanya dihasilkan oleh perpindahan elektron dalam atom.

Elektron-elektron menduduki level energi yang berbeda-beda, atau mengorbit, mengelilingi inti atom. Bila elektron turun pada orbit yang lebih rendah, maka perlu melepaskan energi, energi ekstra yang dilepaskan dalam bentuk photon. Tingkat energi photon tergantung seberapa jauh elektron turun dari tingkat orbit.

Author: 

No Responses

Comments are closed.