penerapan modulasi AM

 Artikel, Elektro Dasar, Uncategorized

Amplitudo Modulation (AM)

am

1. Cara Kerja AM
Modulasi ini memperguanakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan kedua keadaansinyal digital. Pada AM, frekuensi dan phase sinyal adalah tetap, yang berubah-ubah adalahamplitudonya.Amplitude modulation adalah cara modulasi yang paling mudah tetapi mudah dipengaruhi olehkeadaaan media transmisinya
2. Tekhnik Amplitudo Modulation

Amplitudo modulasi adalah salah satu bentuk modulasi dimana sinyal informasi digabungkan dengan sinyal pembawa (carrier) berdasarkan perubahan amplitudonya. Amplitudo modulasi merupakan modulasi analog linier, disebut linier karena frekuensi sinyal pembawa tetap/konstan. Besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi sinyal pembawa. Parameter sinyal yang mengalami perubahan adalah amplitudonya, amplitude sinyal pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan amplitudo sinyal informasi. Rentanng frekuensi AM adalah 500 Hz – 1.600 KHz dan panjang gelombang/amplitudonya 1600 KHz – 30.000 KHz, jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.

3. Penerapan Amplitudo Modulation

Di pemancar radio dengan teknik AM, amplitudo gelombang carrier akan diubah seiring dengan perubahan sinyal informasi (suara) yang dimasukkan. Frekuensi gelombang carrier-nya relatif tetap. Kemudian, sinyal dilewatkan ke RF (Radio Frequency) Amplifier untuk dikuatkan agar bisa dikirim ke jarak yang jauh. Setelah itu, dipancarkan melalui antena.

4. Kekurangan dan Kelebihan AM

Kekurangan :

  1. Dapat terganggu oleh gangguan atmosfir.
  2. Daya yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan FM.

Kelebihan :

  1. Memiliki range jangkauan yang luas karena sinyal AM mampu dipantulkan pada lapisan udara teratas yaitu ionosfer.
  2. Lebih mudah dimodulasi karena lebih sederhana.

Author: 

No Responses

Comments are closed.