Pemilih Data (Data Selector)

 Artikel, Mikroprosesor, Uncategorized

Pada sistem bus baik untuk data maupun penunjuk alamat memori atau penunjuk alamat port I/O pada sistem mikroprosessor diperlukan pemilih data, sebagai contoh pada saat memasukan data dari memori pada alamat tertentu ke mikro data dilewatkan bus data dan pada saat bersamaan data dari memori pada alamat lain tidak boleh masuk. Dengan demikian harus dilakukan pemilihan data berasal dari mana yang boleh masuk, untuk itulah diperlukan sebuah pemilih data.

Pada gambar dibawah ditunjukan pemilih data 4 ke 1, artinya terdapat 4(empat) buah saluran data masuk dan hanya ada satu saluran data keluar. Data masuk melalui saluran X0, X1, X2 dan X3, sedangkan saluran keluar melalui Q, untuk memilih saluran mana yang boleh masuk dilakukan dengan memberikan kombinasi logik pada pemilih S0 dan S1

Rangkaian Pemilih Data

 

Pemilihan data dilakukan melalui kombinsasi S0 dn S1, sehingga data X mana yang bisa masuk pemilih data untuk bisa dikeluarkan melalui keluaran Q, untuk itu dapat dilihat pada tabel fungsi berikut:

Tabel Pemilih data masuk melalui kombinasi S0 dan S1

tabel

Contoh:
Pemilih data seperti pada gambar 8 dengan X0 merupakan saluran data dari memori A, X1 dari memori B, X2 dari memori C dan X3 saluran dari memori D. Jika S0 dan S1 merupakan saluran penunjuk alamat memori mendapatkan kondisi logika S0 = 0 dan S1 =1, maka akan dipilih data yang berasal dari memori C dan saluran yang digunakan adalah X2.

Hasil pemilihan saluran data berdasarkan S0 dan S1

Author: 

No Responses

Leave a Reply