Normalisasi Televisi

 Artikel
loading...

Terdapat beberapa normalisasi televisi, dan suatu negara menganut salah satu norma yang ada. Penerimaan pemancaran televisi yang dipancarkan dengan norma berbeda-beda tidak mungkin dengan sebuah televisi yang sudah ada. Untuk itu diperlukan sebuah televisi dengan norma yang banyak. Didalam norma ditetapkan :

  • Jenis modulasi dan polaritas modulasi pembawa gambar.
  • Jenis modulasi pembawa suara.
  • Jarak frekuensi antar frekuensi pembawa gambar dan frekuensi pembawa suara.
  • Lebar daerah kanal pengiriman.
  • Jumlah baris.
  • Frekuensi antara ( IF ) dari pembawa gambar dan pembawa suara

Dalam normalisasi CCIR ( Komite Konsultasi Internasional Radio Komunikasi ) getaran pembawa gambar dimodulasi dengan cara modulasi amplitudo ( AM ). Untuk pembawa suara dimodulasi dengan cara modulasi frekuensi ( FM ) . Melalui ini bahaya saling mempengaruhi antara gambar dan suara dalam pesawat sangat kecil. Selain itu daerah sisi bawah getaran pembawa gambar pada modulasi amplitudo dapat ditekan sebagian, sehingga masih terdapat informasi juga dalam daerah sisi atas dengan lengkap. Pada demodulasi timbul cacat pada frekuensi gambar atas (pada frekuensi tinggi). Cacat ini memperburuk mutu gambar tetapi tidak begitu penting. Lebar kanal sebuah kanal televisi ditetapkan 7 MHz dalam band I dan band III dan 8 MHz dalam band IV / V dengan polaritas modulasi negatif yang berarti pada tegangan pembawa tinggi tampil dilayar gambar warna hitam, sebaliknya pada tegangan pembawa yang rendah akan tampil warna putih.

normalisasi CCIR

Sehingga puncak tegangan gangguan menimbulkan titik hitam pada layar gambar, yang terkena hanya sedikit. Jarak frekuensi antara getaran pembawa gambar dan getaran pembawa suara ditetapkan 5,5 MHz. Jarak ini tetap dipertahankan didalam pesawat. Frekuensi antara (IF) pembawa gambar (38,9 MHz) dan pembawa suara (33,4 MHz). Dibanding dengan normalisasi yang lain, normalisasi CCIR mempunyai kelebihan. Yaitu perbandingan yang terbaik antara mutu gambar dan teknik yang digunakan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.