Navigasi Sederhana GPS

 Artikel, Uncategorized

Ini merupakan teknik sangat sederhana dengan penerima GPS untuk sesaat memberikan posisi, kekeketinggiananan atau waktu yang akurat pada pemakai. Akurasi yang diperoleh lebih baik dari pada 100m (biasanya sekitar 30-50m) untuk pemakaian sipil dan 5-15 untuk pemakaian militer. Alasan perbedaan tingkat akurasi antara untuk keperluan sipil dan militer diulas dalam pembahasan selanjutnya. Penerima yang digunakan untuk operasi jenis ini pada umumnya kecil, dapat dibawa (portable) dengan harga murah.

Penentuan posisi dengan 3

Semua posisi GPS didasarkan pada pengukuran satelit ke penerima GPS di bumi. Jarak ini ke setiap satelit dapat ditentukan dengan penerima GPS. Ide dasarnya adalah prinsip yang digunakan pengukur tanah dalam bekerja setiap harinya . JIka anda tahu tiga buah tiitik relatip terhadap posisi anda , anda dapat menentukan posisimu sendiri relatip terhadap tiga titik tersebut. Dari jarak ke satelit diketahui bahwa posisi penerima harus pada beberpa titik permukaan dari ruang imaginer yang merupakan asli bagi satelit. Dengan membuat perpotongan ke tiga titik ruang imaginer posisi penerima dapat ditentukan.

Masalahnya hanya menggunakan pseudorange dan lamanya waktu yang samppai pada penerima jarak dapat ditentukan . Jadi terdapat empat yang tidak diketahui untuk menentukan posisi (X,Y, Z) dan waktu perjalanan sinyal . Pengamatan 4 satelit menghasilkan empat persamaan yang dapat diselesaikan, sehingga memungkinkan untuk ditentukan besarnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.