Motor Belitan Seri

 Artikel, Listrik Dasar, Uncategorized

Motor DC Seri mudah dikenali dari terminal box memiliki belitan jangkar notasi A1-A2 dan belitan seri notasi D1-D2 lihat gambar. Dalam rangkaian jangkar A1-A2 terdapat dua belitan penguat yaitu kutub bantu dan kutub kompensasi keduanya berfungsi untuk memperbaiki efek reaksi jangkar. Aliran sumber DC positif (+), melewati tahanan depan RV yang fungsinya untuk starting awal motor seri, selanjutnya ke terminal A1, melewati jangkar ke terminal A2, dikopel dengan D1, melewati belitan seri, ke terminal D2 menuju ke terminal negatif (-).

Karakteristikputran dc

Karakteristik putaran Motor DC Seri

Belitan seri D1-D2 memiliki penampang besar dan jumlah belitannya sedikit. Karena dihubungkan seri dengan belitan jangkar, maka arus eksitasi belitan sebanding dengan arus beban. Ketika beban dinaikkan, arus beban meningkat dan justru putaran akan menurun.

Rangkaian Motor DC Seri

Rangkaian Motor DC Seri

Motor seri harus selalu dalam kondisi diberikan beban, karena saat tidak berbeban dan arus eksitasinya kecil yang terjadi putaran motor akan sangat tinggi sehingga motor akan ”terbang”, dan sangat berbahaya. Motor seri banyak dipakai pada beban awal yang berat dengan momen gaya yang tinggi putaran motor akan rendah lihat gambar dibawah , contohnya pada pemakaian motor stater mobil.

Author: 

No Responses

Comments are closed.