Mengukur Resistor Peka Cahaya/Light Dependence Resistor (LDR)

 Pengukuran Listrik, Uncategorized

Resistor adalah suatu komponen yang banyak dipakai di dalam rangkaian kompo input (vi). Kemampuan resistor membatasi kecilnya nilai satuan Ohm (Ω) yang dimiliki elektronika. Fungsi utamanya adalah membatasi (restrict) aliran arus listrik. Fungsi lainnya sebagai Resistor (R) pembagi tegangan (voltage divider), yang menghasilkan tegangan panjar maju (forward bias) dan tegangan panjar mundur (reverse bias), sebagai pembangkit potensial output (vo), dan potensial.

Resistor Peka Cahaya/Light Dependence Resistor (LDR) adalah sebuah resistor yang berfungsi sebagai input transducer (sensor) dimana nilai satuan Ohm-nya dipengaruhi oleh cahaya yang jatuh di permukaan LDR tersebut. Mengukur nilai satuan Ohm dari LDR dengan menggunakan Multimeter adalah seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah. Saklar jangkauan ukur pada posisi Ω, batas ukur (range) berada pada posisi x1, x10 atau kΩ, sesuai kebutuhan.

Mengukur Light Depence Resistor

Sebagai acuan, ditempat gelap, nilai satuan Ohm dari LDR = 1MO (1 Mega Ohm/1000.000Ω). Ditempat terang nilai satuan Ohm dari LDR = 100Ω.

Author: 

No Responses

Comments are closed.