Mengukur Kapasitas Baterai Kering (Dry Cell)

 Artikel, Listrik Dasar, Uncategorized

Salah satu fungsi Multimeter adalah kegunaannya sebagai Ampere-meter dalam mengukur kuat arus listrik antara 0 – 1000 mili-Ampere (mA) atau lebih tergantung spesifikasi Multimeter. Saklar jangkauan ukur berada  pada posisi DcmA, batas ukur (range) pada angka 0,25, 25, atau 500  DcmA, sesuai kebutuhan. Hasil pengukuran dibaca pada papan skala 0-250 DCV, A. Pada posisi mengukur kuat arus, Multimeter diletakkan secara seri/deret dengan baterai kering (dry cell) dan/atau rangkaian elektronik (electronics  circuit) yang akan diukur.

Pengukuran Arus pada Baterai Kering

kapasitas baterai adalah kemampuan baterai kering (dry cell)  menyimpan arus listrik searah untuk kemudian di-catukan/dialirkan  ke rangkaian elektronik yang membutuhkan. Tegangan baterai satu sel (single cell battery) umumnya 1,5 Volt.  Sebuah baterai jika diukur dengan Multimeter pada saklar jangkauan  ukur 10VDC misalnya dapat saja memperlihatkan hasil pengukuran  sebesar 1,5 Volt. Tetapi jika dihubungkan ke beban (rangkaian
elektronik) yang membutuhkan tegangan 1,5 Volt, baterai tidak  dapat mengalirkan arus listrik ke rangkaian elektronik dimaksud (ini  karena tahanan dalam/Rd baterai sangat besar). Cara yang paling  efektip untuk memeriksa apakah sebuah baterai kering (dry cell)  masih sanggup mencatu/mengalirkan arus adalah dengan cara  mengukur arusnya.

Author: 

No Responses

Leave a Reply