Menghemat Energi Listrik

 Artikel, Uncategorized

Sikap menghemat energi juga harus selalu kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mematikan lampu dan alat-alat listrik lainnya yang sudah tidak digunakan. Pemakaian lampu tabung akan lebih hemat energi dibanding dengan lampu pijar. Dengan pemakaian energi yang sama lampu tabung akan menyala lebih terang dibanding dengan lampu pijar. Hal ini disebabkan tidk semua energi listrik yang dipakai oleh lampu pijar diubah menjadi energi cahaya, namun sebagian lagi  diubah menjadi energi kalor. Sedangkan lampu TL mengubah hampir semua energi listrik menjadi energi cahaya. Hanya sedikit energi listrik yang diubah menjadi kalor.

cara-menghemat-energi-listrik-air

Hal ini yang bisa dikatakan untuk menghemat energi listrik adalah dengan memilih alat-alat listrik yang berdaya rendah sehingga hemat dalam memakai energi. Perlu juga dipikirkan ,mencari sumber energi alternatif agar sumber pemangkit listrik berupa bahan bakar minyak , batu bara dan gas bumi bisa kita hemat. Memang ada pemikiran untuk memanfaatkan energi nuklir untuk pembangkit listrik. Namun, sampai sekarang masih banyak pertimbangan terutama masalah keamanan.

Negara kita yang terletak di khatulistiwa ini sepanjang tahun akan disinari Matahari. Oleh karena itu sumber energi alternatif berupa pembangkit listrik tenaga Matahari bisa dimanfaatkan. Banyak negara seperti Amerika Serikat, Tibet, India, dan negara-negara Afrika telah memanfaatkan energi Matahari ini untuk pembangkit listrik. Pembangkit listrik energi Matahari skala besar prinsipnya adalah memanaskan suatu cairan, biasanya minyak, sampai suhu 300 C o . Cairan panas ini dipergunakan untuk menguapkan air. Uap yang timbul dipergunakan untuk memutar turbin yang dapat membangkitkan energi listrik.

Sedangkan pembangkit listrik energi Matahari skala kecil adalah berupa panel sel portabel. Sel ini dapat menghasilkan listrik. Agar energi listrik bisa dimanfaatkan setiap saat, maka energi listrik ini harus disimpan misalnya dalam aki. Salah satu sumber energi alternatif lain adalah energi angin. Angin dapt menggerakkan baling-baling. Gerakan berputar dari baling-baling dihubungkan dengan turbin sehingga bisa dihasilkan energi listrik,

Author: 

No Responses

Comments are closed.