Mengeplong pelat logam (punching sheet metal)

 Artikel, Elektromekanik

Membuat lubang dengan alat bantu pelubang pelat logam (punching sheet metal) adalah salah satu alternatif disamping pengeboran pada pelat logam. Keuntungannya adalah hasilnya rapih dan akurat. Kekurangannya adalah ukuran lubang sudah ditentukan sesuai dengan pisau pemotongnya. Pembuatan lubang dioperasikan dengan tangan seperti yang diperlihatkan pada gambar. Pada dasarnya pembuat lubang (punching) terdiri dari pisau pemotong, penahan/landasan dan baud (screw) penarik pisau pemotong.

Bagaimana punching bekerja :
Pengoperasiannya sangat sederhana, dengan mengencangkan baud penarik pisau pemotong akan bergerak masuk kedalam penahan/landasan sehingga memotong pelat logam. Dimana pisau pemotongnya mempunyai ukuran diameter yang berbeda-beda.

a. Bagaimana melubangi pelat logam.

Membuat lubang dengan punching sheet metal, pertama-tama pelat logam dibor untuk lubang baud penarik pisau pemotong.

  • Bor pelat logam yang akan dilubangi sesuai dengan diameter baud penarik pisau pemotong.
  • Pisahkan pisua pemotong dan penahan/landasan dari baud penarik pisau pemotong.
  • Letakan pelat logam diatas penahan/landasan, kemudian pasang baud penarik pisau pemotong, periksa kembali pemasangannya seperti yang diperlihatkan pada gambar
  • Kencangkan baud penarik pisau pemotong seperti yang diperlihatkan pada gambar

  • Kencangkan baud penarik pisau pemotong sehingga bergerak menjepit penahan/landasan.
  • Untuk mengencangkan baud penarik pisau pemotong gunakan kunci pas yang sesuai dengan kepala baud penarik pisau pemotong.
  • Bila pisau pemotong telah melalui pelat besi, anda akan merasakannya dan pelat besi akan terpisah dari alat pembuat lubang (punching sheet metal).

Author: 

No Responses

Comments are closed.