Memotong Pelat Logam (cutting sheet metal)

 Elektro Dasar, Elektromekanik

Mesin pemotong pelat logam dipergunakan untuk memotong pelat logam tipis (ukaran ketebalan kira-kira 3 mm). Terutama dipakai untuk memotong pelat logam dalam bentuk siku-siku. Sisi pengantar pada meja kerja mesin untuk menjaga agar tepi pelat terpotong dalam keadaan siku.

Hal yang perlu diperhatikan : Tidak boleh digunakan tanpa penjagaan ditempat, tdak boleh bekerja dari belakang mesin.

Mesin pemotong pelat logam biasanya disebut Guilotine. Pada dasarnya terdiri dari pisau pemotong, meja pengantar dan pengerak pisau pemotong yang dioperasikan dengan kaki. Bagian-bagian dari mesin pemotong pelat logam seperti yang diperlihatkan pada gambar

a. Prinsip kerja mesin pemotong pelat logam

Bila penggerak pisau pemotong digerakan (diinjak), pisau pemotong akan bergerak ke bawah. Maka pisau pemotong akan meluncur pada meja penghantar, sehingga pelat logam yang terletak diantaranya akan terpotong.

b. Menggunakan mesin pemotong pelat logam.

Dalam kondisi apapun kita harus mengeset mesin pemotong pelat logam. Pada peralatan banyak yang diset, jika terjadi kesalahan pengesetan akan merusak benda kerja dan mesin pemotongnya sendiri. Jika kita perkirakan behwa mesin pemotong telah diset atau dipelihara, selanjutnya kita harus meyakinkan kepada teknisi atau guru praktek yang berwenang.

Bagaimana memotong pelat logam.

Memotong pelat logam ikutilah langka-langkah sebagai berikut :

  • Letakan pelat logam pada meja penghantar mesin pemotong.
  • Posisi pelat logam harus benar-benar sejajar dengan sisi penghantar (side guage) yang berada disisi kanan mesin pemotong.
  • Perhatikan tanda garis pada benda kerja yang akan dipotong dari atas pisau mesin pemotong dan sisi yang akan dipotong pada meja penghantar.
  • Periksa bahwa orang lain yang berada disekitar mesin pemotong dalam keadaan aman.
  • Tekan penggerak pisau mesin pemotong dengan kuat.
  • Bagian pelat logam yang terpotong akan jatuh dibelakang mesin pemotong.
  • Kembalikan pengerak pisau mesin pemotong ke posisi semula.

Author: 

No Responses

Comments are closed.