Medan Magnet Sebuah Kumparan

 Artikel, Elektro Dasar
loading...

Pengaruh medan magnet yang dihasilkan oleh sebuah penghantar  arus terhadap benda yang ada di sekitarnya sangat kecil. Hal ini  disebabkan medan magnet yang dihasilkan sangat kecil atau lemah. Agar  mendapatkan pengaruh medan yang kuat, penghantar itu harus digulung menjadi sebuah kumparan. Pada kumparan, medan magnet yang  ditimbulkan oleh lilitan yang satu diperkuat oleh lilitan yang lain. Apabila  kumparan itu panjang disebut solenoida.

medan magnet

Apabila di dalam kumparan diberi inti besi lunak maka pengaruh  kemagnetannya menjadi jauh lebih besar. Karena kumparan yang dililitkan  pada inti besi lunak akan menimbulkan sebuah magnet yang kuat.  Pengaruh hubungan antara kuat arus dan medan magnet disebut  elektromagnet atau magnet listrik. Magnet listrik banyak digunakan dalam bidang teknik, misalnya  pembuatan bel listrik, kunci pintu listrik, indikator untuk bahan bakar pada  mobil (fuel level), kereta cepat tanpa roda, telepon dengan uang logam  dan detektor logam. Keuntungan magnet listrik adalah:

  1. Sifat kemagnetannya sangat kuat.
  2. Kekuatan magnet itu dapat diubah-ubah dengan mengubah kuat arus.
  3. Kemagnetannya dapat dihilangkan dengan memutuskan arus listrik.

Magnet listrik dibuat dalam berbagai bentuk, antara lain: berbentuk  huruf U, berbentuk batang, berbentuk silinder, dan lingkaran. Di antara bentukbentuk magnet listrik tersebut yang paling kuat daya tarik  magnetnya adalah yang berbentuk U

Author: 

No Responses

Comments are closed.