Medan Magnet di Sekitar Arus Listrik

 Artikel, Uncategorized

Selama bertahun-tahun Hans Cristian Oersted, seorang guru fisika dari Denmark, mempercayai ada suatu hubungan antara kelistrikan dan kemagnetan, namun dia tidak dapat membuktikan secara eksperimen.Baru pada tahun 1820 dia akhirnya memperoleh bukti.

Oersted mengamati bahwa ketika sebuah kompas diletakkan dekat kawat berarus, jarum kompas tersebut menyimpang atau bergerak, segera setelah arus mengalir melalui kawat tersebut. Ketika arah  arus tersebut dibalik, jarum kompas tersebut bergerak dengan arah sebaliknya. Jika tidak ada arus listrik mengalir melalui kawat tersebut, jarum kompas tersebut tetap diam. Karena sebuah jarum kompas hanya disimpangkan oleh suatu medan magnet, Oersted menyimpulkan bahwa suatu arus listrik menghasilkan suatu medan  magnet.

Arus yang mengalir melalui  sebuah kawat akan

Arus yang mengalir melalui sebuah kawat akan menimbulkan medan magnet

ketika kompas- kompas kecil tersebut  diletakkan di sekitar penghantar lurus yang tidak dialiri arus listrik,  jarum-jarum kompas tersebut sejajar (semuanya menunjuk ke satu arah).  Keadaan ini memperlihatkan bahwa jarum kompas tersebut hanya  dipengaruhi oleh medan magnet Bumi. Dengan demikian suatu arus  listrik yang mengalir melalui sebuah kawat menimbulkan medan magnet yang arahnya bergantung pada arah arus listrik tersebut. Garis gaya  magnet yang dihasilkan oleh arus dalam sebuah kawat lurus berbentuk lingkaran dengan kawat berada di pusat lingkaran

Dari percobaannya, Oersted menyimpulkan bahwa kerapatan fluk (B) bergantung pada kuat arus dan jarak antara magnet jarum dan kawat berarus listrik. Hal ini juga telah diselidiki lebih jauh oleh Jean Baptiste Biot dan Felix Savart. Dari hasil percobaannya, mereka menyimpulkan  bahwa :

  • Di sekitar arus listrik terdapat medan magnet. Ini dapat dideteksi  dengan menggunakan serbuk besi yang memerlukan kuat arus yang  tinggi, jadi tidak bisa dengan baterai yang kecil.
  • Arah medan magnet (garis-garis gaya magnet) bergantung pada arah  arus listrik. Jika arah arus diubah, maka arah medan magnet berubah.
  • Besar medan magnet dipengaruhi oleh kuat arus dan jarak terhadap  kawat

Author: 

No Responses

Comments are closed.