Line-Commutated diode rectifier bridge

 Artikel
loading...

Salah satu dari sirkuit paling umum yang digunakan dalam elektronik power adalah bridge rectifier enam pulsa terkomutasi line tiga fase Gambar, yang terdiri dari enam dioda dalam sebuah rangkaian jembatan. Rangkaian jembatan satu fase tidak akan dikonversi di sini karena operasi mereka dapat dideduksi sebagai satu penyederhanaan rangkaian jembatan tiga fase.

Bridge rectifier dioda line-komutasi

Asumsi

  • Tegangan-tegangan suplai kuat/tinggi dan sepenuhnya sinusoidal
  • Komutasi segera dan tidak mempunyai masalah pengembalian
  • Arus beban sepenuhnya rata
  • Transformator dan komponen ideal

Asumsi-asumsi ini dibuat untuk mendapatkan pemahaman mengenai sirkuit-sirkuit itu dan untuk membuat taksiran-taksiran arus, tegangan, waktu komutasi. Selain itu, kondisi-kondisi pembatas yang mempengaruhi performa konverter-konverter praktis dan deviasi mereka dari kondisikondisi ideal akan diperiksa untuk menjembatani (bridge) gap dari yang ideal ke yang praktis.

Dalam rangkaian jembatan dioda, dioda-dioda tersebut tidak dikontrol dari sebuah rangkaian kontrol eksternal. Melainkan, komutasi diawali secara eksternal oleh perubahan-perubahan yang terjadi dalam tegangantegangan line suplai, karena itulah namanya penyearah terkomutasi jalajala (line-commutated rectifier). Menurut konvensinya, dioda-dioda tersebut diberi nomor D1 sampai D6 dalam rangkaian tegangan jala-jala suplai.

Author: 

No Responses

Comments are closed.