Kwalitas Dan Kapasitas Panas

 Artikel, Uncategorized

Setiap benda untuk bisa menaikan suhunya lebih tinggi dari suhu semula, maka benda itu memerlukan tenaga, tenaga ini berasal dari gaya luar yang mengenai suhunya. Kalau gaya itu berasal dari benda itu sendiri biasanya merupakan reaksi inti atom atau maka dapatlah disimpulkan bahwa :

Kapasitas panas ( C ) adalah tenaga yang harus ditambahkan (berupa panas ) untuk menaikkan temperatur benda sebanyak satu derajat celcius.

A. Menentukan nilai kapasitas panas

Berdasarklan rumus pada :

Menentukan nilai kapasitas panas

B. Pengertian kuantitas panas :

Seperti yang telah dijelaskan tentang kapasitas panas. Maka kuantitas panas ( jumlah panas ) merupakan besar panas yang diperlukan / dipakai secara total, ini berarti berhubungan dengan waktu. Untuk menentukan besarnya kuantitas panas digunakan rumus.
Screenshot_17

C. Pengertian panas jenis

Pada pengertian panas jenis bisa disebut sebagai kalor jenis dan dalam pengertian rumus 2 dinamakan kapasitas panas jenis dengan satuan joule/kilogram derajat celcius ( j / Kg0C ). Maka dapat disimpulkan bahwa : Panas jenis adalah bilangan yang menunjukkan berapa kalori panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu tiap satuan massa zat tersebut satu derajat celcius

Screenshot_19

Author: 

No Responses

Comments are closed.