konstruksi kapasitor elektrolit

 Elektro Dasar, kapasitor
loading...

Salah satu keunggulan kapasitor jenis ini adalah mempunyai kemampuan untuk menyimpan muatan Q = C.V yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis kapasitor lainnya, dan lazim dipergunakan sebagai elemen perata (filter frekuensi rendah) pada rangkaian catu daya dan juga dapat berfungsi sebagai kopling maupun dekopling pada penguat- penguat untuk frekuensi audio (AF). Nilai kapasitansi yang tinggi dapat diperoleh karena kenyataan bahwa dielektrikum yang dibentuk melalui proses elektrolit dengan hasil lapisan-lapisan yang sangat tipis, hanya beberapa nanometer. Jenis kapasitor elektrolit dapat dibedakan dalam dua macam kelompok, yaitu kapasitor elektrolit dari bahan aluminium dan tantalum.

konstruksi kapasitor elektrolit

konstruksi kapasitor elektrolit

Konstruksi kapasitor elektrolit-aluminium adalah kertas berupa aluminium dengan kemurnian yang sangat tinggi, mencapai (99,9%) dimasukan kedalam bak berisi cairan elektrolit (proses elektrolisa) dengan tegangan tertentu, kemudian digerakan dalam bak dengan kecepatan yang konstan/stabil. Tegangan yang terhubung kedalam larutan elektrolit tersebut menyebabkan aliran arus pembentukan mengalir yang besarnya berangsur-angsur mengecil ketika oksida aluminium mulai tumbuh dan menempel pada permukaan kertas aluminium.
Terbentuknya lapisan tipis oksida aluminium ini, yang bersifat isolator dan merupakan dielektrikum kapasitor. Bagian lembaran anode (polaritas positif) yang terlapisi dengan unsur lembaran oksida secara bersamaan digulung dengan lembaran pemisah dari kertas tissue pada sebuah mesin penggulung. Pemisah kertas tissue yang lembut dan tipis seketika menjadi jenuh dengan elektrolit seperti ammonium borat atau etilen glikol.

Author: 

No Responses

Leave a Reply