Konstruksi Induktor

 Artikel, Uncategorized

Induktor dalam bentuknya dapat dalam banyak rupa, ada yang memiliki inti maupun tidak berinti. Untuk yang tidak berinti memiliki inti dari udara.Sedang.

Kumparan dengan inti E I

Pada gambar diatas diperlihatkan kumparan dengan inti EI, disebut E dan I karena bentuk inti menyerupai huruf E dan I. Kunstruksi ini digunakan untuk transformator. Inti bisa dari ferit, untuk transformator dengan frekuensi kerja tinggi. Inti terbuat dari „plat dinamo‟ digunakan untuk transformator berfrekuensi rendah. Kumparan untuk membelokkan sinar pada CRT dengan inti dari ferit berbentuk menurut bentuk tabung CRT. Untuk keperluan rangkaian elektronik,seperti pada penerima radio, digunakan induktansi dengan bentuk-bentuk tertentu. Pada Gambar 1.141 menampilkan bentuk-bentuk induktasi tersebut. Untuk identifikasi dapat berupa kode warna seperti pada resistor, kode angka atau tertulis secara jelas pada badan induktansi.

Ampermeter menunjukkan arus rangkaian, yang dalam hal ini juga arus induktor, menunjukkan harga tertentu yang konstan, dan Voltmeter pada induktor menunjukkan harga mendekati 0 Volt. Ini menunjukkan perubahan rate arus (di/dt) sama dengan nol,karena arusnya stabil. Dari sifat ini dalam aplikasinya induktor digunakan pula untuk filter pada tape mobil, yang disambung seri antara baterai dengan tape mobil. Induktor akan melalukan tegangan DC dan menghadang tegangan AC yang timbul dalam kendaraan.

Author: 

No Responses

Leave a Reply