Konektor kabel (Wire conector)

 Artikel, Uncategorized

Konektor berfungsi tempat penyambungan kabel pada sistem kelistrikan,  melindungi sambungan dari karat dan kotoran, dan memungkinkan sambungan  dipisah lagi dengan mudah. Konektor terdiri dari konektor laki-laki dan konektor  perempuan, rumah konektor terbuat dari plastic, dalam rumah tersebut terdapat  lubang untuk memasukkan terminal kabel. Jumlah terminal pada konektor  sangat beragam mulai dari satu terminal sampai puluhan terminal. Agar  penyambungan konektor lebih mudah dan tidak salah maka pada konektor  terdapat nok sehingga bila posisi tidak tepat maka konektor tidak dapat masuk, sedangkan untuk menjamin agar sambungan lebih kuat maka dipasang pengunci.

Bentuk dan Teknik Penguncian Pada Konektor Kabel

Bentuk dan Teknik Penguncian Pada Konektor Kabel

Bentuk Konektor
Bentuk konektor ada bebarapa macam diantara bentuk bulat maupun bentuk  kotak. Jumlah kabel dalam satu konektor sangat bervariasi mulai dari satu kabel  sampai puluhan terminal. Saat melepas konektor harus memperhatikan teknik penguncikan yang  digunakan, dan saat menarik konektor tidak boleh menarik kabelnya. Bagian  yang ditarik adalah bagian konektornya. Teknik melepas penguncian terminal  ada beberapa macam diantaranya:

  1. Mengangkat pengunci kemudian rumah konektor ditarik
  2. Menekan pengunci kemudian rumah konektor ditarik
  3. Langsung menarik rumah konektor

Lokasi pengunci :

  1. Di tengah
  2. Disamping

Melepas dan memasang konektor kabel
Melepas konektor harus hati-hati, cara melepas yang salah dapat meyebabkan kabel putus. Perhatikan metode penguncian yang digunakan oleh konektor,  jangan menarik kabel saat melepas. Langkah melepas konektor kabel adalah sebagai berikut :

  1. Tekan pengunci badan soket konektor dan pisahkan badan konektor laki dan  perempuan (Male dan Famale)
  2. Jika sulit terlepas, angkat anti-back comb dari badan konektor dengan  menggunakan obeng
  3. Menggunakan obeng, masukkan obeng ke dalam bagian depan badan  konektor, angkat pengunci penahan dari terminal dan tarik kabelnya dari  konektor.

Author: 

No Responses

Comments are closed.