komutasi dari Dioda

 Artikel
loading...

Komutasi adalah transfer arus dari satu saklar yang menjadi OFF, ke saklar lainnya yang menjadi ON. Dalam sebuah rangkaian penyearah dioda, sebuah dioda menjadi ON dan kemudian mulai mengkonduksi arus bila ada tegangan arah maju (forward) melintasinya, yakni tegangan arah maju (forward) yang melintasinya menjadi positif. Proses ini biasanya menghasilkan tegangan arah maju (forward) pada dioda lain yang Indikator Keberhasilan: Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat memahami karakteristik dan prinsip kerja penyearah elektronika daya dengan benar sesuai spesifikasi. 31 menjadi negatif, yang kemudian mematikan dan menghentikan pengkonduksian arus.

Dalam sebuah rangkaian penyearah thyristor, saklar-saklar juga membutuhkan sinyal pada gerbangnya (gate) untuk menjadi ON dan OFF. Faktor-faktor yang mempengaruhi komutasi diilustrasikan dalam rangkaian dioda ideal dalam Gambar 5-1, yang menunjukkan dua cabang rangkaian, masing-masing dengan induktansi rangkaian dan sumber tegangan searah merupakan variabelnya sendiri. Pada mulanya diasumsikan bahwa arus I sedang mengalir melalui rangkaian dan bahwa magnitudo tegangan V1 lebih besar dibanding V2. Karena V1 > V2, dioda D1 mempunyai tegangan arah maju (forward ) positif yang mengkonduksi arus I1 melalui induktansi rangkaian L1. Dioda D2 mempunyai tegangan arah maju (forward) negatif yang menghambat dan tidak mengalirkan arus.

Sirkuit sederhana untuk mengillustrasikan komutasi

Anggaplah tegangan V2 dinaikkan ke harga yang lebih besar dari V1, tegangan forward pada dioda D2 menjadi positif, dan ia mulai menghidupkan (on). Tetapi induktansi L1 mencegah arus I1 untuk berubah segera dan dioda D1 tidak akan segera mati (off). Karena itu, dioda D1 dan dioda D2 tetap ON selama suatu periode tumpang-tindih yang dinamakan waktu komutasi Tc.

Bila kedua dioda di-on-kan, sebuah sirkuit tertutup dibentuk yang melibatkan kedua cabang. Tegangan sirkuit efektif Vc = (V2 – V1), yang dinamakan tegangan komutasi, menggerakkan arus sirkulasi Ic, yang dinamakan arus komutasi, melalui kedua cabang yang mempunyai total induktansi sirkuit Lc = (L1 + L2). Dalam sirkuit ideal ini, penurunan tegangan pada dioda-dioda itu dan resistensi sirkuit telah diabaikan. Dari teori elektrik dasar mengenai sirkuit induktif, arus Ic meningkat seiring dengan waktu pada suatu rate yang bergantung pada induktansi sirkuit

Author: 

No Responses

Comments are closed.