Komponen fisik dalam EDVAC

 Artikel, Uncategorized

Inventor ENIAC adalah John Mauchly dan J. Presper Eckert, sebelum ENIAC secara penuh beroperasi pada Agustus tahun 1944 diusulkan membangun Electronic Discrete Variable Automatic Compute (EDVAC). EDVAC merupakan binary serial computer yang dapat melakukan operasi penjumlahan pengurangan, perkalian, pembagian dan pengujian otomatis, dilengkapi sistem penyim-panan data ultrasonic serial memory dengan kapasitas 1,000 44-bit word yang selanjutnya dikenal dengan istilah 1,024 word atau sama dengan 5.5 kilobytes.

EDVAC

Adapun komponen sebagai bagian yang tergabung secara fisik dalam EDVAC meliputi:

  • magnetic tape reader-recorder saat itu dikenal dengan istilah wire recorder.
  • unit pengendali (control unit) dilengkapi dengan sebuah osiloskop.
  • unit dispatcher yang berfungsi sebagai penerima instruksi dari kontrol dan memori, juga berfungsi sebagai pengarah ke unit lain.
  • unit komputasi berfungsi sebagai operasional arithmatik dari pasangan bilangan dalam waktu tertentu dan mengirimkan hasilnya ke memori setelah pengujian dalam unit duplikasi (duplicate unit).
  •  sebuah timer
  • unit dual memory yang terdiri dari 2(dua) set dengan masing-masing terdiri dari 64 mercury akustik delay lines yang berkapasitas 8 word untuk setiap line.

Kecepatan waktu proses pada EDVAC berkisar 864 mikro detik dan untuk proses perkalian dibutuhkan waktu 2900 mikro detik (2.9 mili detik). Prosesor tersebut dibangun dari 6,000 tabung vakum dan 12,000 diode, dibutuhkan daya listrik sebesarc 56 kW. Luasan area lantai yang digunakan EDVAC 490 ft² (45.5 m²) dan beratnya mencapai 17,300 lb (7,850 kg). Sedangkan untuk pengoperasiannya dibutuhkan 30 (tiga puluh) orang, yang digilir untuk setiap 8 jam kerja

Author: 

No Responses

Comments are closed.