Karateristik Garis gaya magnet

 Artikel, Elektro Dasar
loading...

Daerah sekitar magnet terdapat medan magnet. Medan magnet digambarkan dengan garis-garis gaya magnet. Garis gaya magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan. Daerah medan magnet yang mempunyai kekuatan yang besar adalah kutup magnet.

 medan magnet

Garis gaya magnet mempunyai karateristik sebagai berikut :

  1. Berbentuk kurva tertutup;
  2. Selalu mengarah dari utara ke selatan;
  3. Tidak saling memotong;
  4. Mencari jarak terpendek (elastis)
  5. Menembus bahan non magnet.

Garis-garis gaya bisa sangat panjang atau berbentuk melengkung tapi tidak memotong dan akan mencari jarak terpendek antara kutub utara dan kutub selatan sebisa mungkin. Kumpulan garis gaya pada medan magnet disebut fluks magnet. Fluks magnet diukur dengan satuan webber (Wb). Jumlah garis gaya pada daerah tersebut di sebut kerapatan fluks. Diukur dalam Webber per meter persegi atau tesla (T). Kuat medan magnet merupakan jumlah garis gaya magnet yang menembus seatu bidang tegak lurus terhadap garis gaya magnet. Secara matematis dapat ditulis:

Screenshot_281

Reluktansi dan Permeabilitas
Reluktansi terjadi dari seberapa sulit garis gaya magnet melewati sebuah benda. Secara teknis, reluktansi adalah sebuah ukuran kebalikan dari benda yang memiliki fluks magnet. Besi dan baja mempunyai reluktansi yang rendah dan udara memiliki reluktansi tinggi. Permeabilitas terjadi dari seberapa mudah untuk memberi sifat magnet lagi pada suatu benda. Dengan cara yang mudah permeabilitas dan reluktansi adalah ukuran yang berlawanan dari benda yang sama. Reluktansi menjadi lawan dari fluks magnet dan permeabilitas menjadi mudah jika benda dapat diberi sifat magnetis lagi. Motor listrik dibuat dengan jarak udara yang sangat kecil antara armatur dengan medan untuk mengurangi reluktansi rangkaian magnet. Ini membantu membuat medan magnet yang kuat.

Author: 

No Responses

Leave a Reply