Karakteristik biasa dari sebuah FET

 Artikel
loading...

MOSFETs adalah alat pembawa mayoritas, sehingga mereka tidak diperburuk oleh waktu-waktu switching lama. Dengan waktu switching mereka yang sangat singkat, kehilangan switching rendah. Akibatnya, mereka paling cocok untuk aplikasi switching berfrekuensi tinggi. Satu karakteristik performa biasa dari FET ditunjukkan dalam Gambar

FET

Awalnya, switching berkecepatan tinggi bukan satu persyaratan penting untuk aplikasi konverter AC. Dengan perkembangan inverter PWM, switching berfrekuensi tinggi telah menjadi satu fitur yang diinginkan untuk memberi bentuk gelombang arus output smooth. Akibatnya, FET power tidak banyak digunakan hingga sekarang.

Kini FET hanya digunakan untuk konverter berfrekuensi PWM kecil. Rating tersedia dari sekitar 100 A pada 50 V hingga 5 A pada 1000 V, tetapi untuk aplikasi VSD, MOSFET perlu dalam range 300-600 V. Kelebihan dan kekurangan MOSFET nyaris merupakan kebalikan dari BJT.

Kelebihan utama MOSFET power diberi di bawah:

  • Kapabilitas switching berkecepatan tinggi (10 – 100 ns)
  • Sirkuit perlindungan relatif sederhana
  • Gate driver terkontrol tegangan yang relatif sederhana dengan arus gate rendah.

Kelemahan atau kekurangan utama MOSFET power adalah:

  • Kapabilitas penanganan power relatif rendah
  • Penurunan forward voltage relatif tinggi, yang mengakibatkan kehilangan lebih tinggi dibanding GTO dan BJT, membatasi penggunaan MOSFET untuk aplikasi power lebih tinggi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.