Kabel Penyidik (Probe) dan Kelengkapannya

 Artikel
loading...

Oscilloscope dilengkapi dengan kabel penyidik (probe) seperti yang  terlihat pada gambar

Probe

Dilihat dari zat phospor yang digunakan, Oscilloscope dapat dibagi menjadi :

  1. Storage Oscilloscope
    Pada Oscilloscope jenis ini lapisan phospor yang digunakan  mempunyai sifat simpan (store), artinya cahaya yang timbul pada phospor bersinar  beberapa saat setelah berkas elektron yang “ditembakkan” dihilangkan.
  2. Regulator Oscilloscope. Pada Oscilloscope jenis ini sinar phospor akan menghilang seketika  apabila berkas elektron apabila berkas elektron yang “ditembakkan”  dihilangkan.
  3. Sweep Range. Pada Oscilloscope jenis ini pada setiap posisi tombol pengatur  frekuensi horisontalnya tertera skala penunjuk jangkauan frekuensi  (frequensi range) nya. Sebagai misal pada posisi pertama; 10 – 100  (10 Hz – 100 Hz), posisi kedua; 10k – 100k (10k Hz – 100k Hz). Dengan Oscilloscope jenis ini akan dijumpai kesulitan ketika  Oscilloscope akan digunakan sebagai penghitung frekuensi  (Oscilloscope sebagai frekuensi meter). Untuk mengatasinya  digunakan cara membandingkan frekuensi yang akan dihitung  dengan frekuensi yang telah diketahui.
  4. Sweep Time. Pada Oscilloscope jenis ini pada setiap posisi tombol pengatur  frekuensi horisontalnya tertera skala yang menunjukkan beam  (sorotan sinar) Oscilloscope. Oscilloscope jenis ini dapat langsung  digunakan sebagai Frekuensi meter.

Author: 

No Responses

Leave a Reply