Instruksi Kelompok Kontrol CPU

 Artikel, Mikroprosesor, Uncategorized

Beberapa tujuan secara umum instruksi kontrol CPU , meliputi instruksi NOP merupakan instruksi yang tidak melakukan apa-apa, Instruksi HALT menghentikan CPU sementara, DI dan EI adalah operasi interupsi yang diterima digunakan untuk mengunci atau mengaktifkan interupsi .
Terkait dengan interupsi terdapat tiga modus interrupsi, yaitu perintah set CPU untuk memilih ke salah satu dari tiga respon interrupsi tersedia dan ketiga mode dapat dijelaskan sebagai berikut:

Mode 0, perangkat yang menginterupsi dapat menyisipkan instruksi pada bus data dan memungkinkan CPU untuk mengeksekusinya .

Mode 1, modus yang disederhanakan di mana CPU secara otomatis mengeksekusi restart (RST ) ke 0038H, sehingga tidak ada hardware eksternal diperlukan (isi PC tetap dan diarahkan ke stack ) .

Mode 2, modus yang paling kuat karena memungkinkan untuk panggilan tidak langsung untuk setiap lokasi di memori . Dengan mode in CPU membentuk alamat memori 16 – bit di mana bagian delapan bit atas adalah isi register I dan delapan bit rendah dipasok oleh perangkat yang menginterupsi. Seperti ditunjukan pada gambar berikut

Layanan interupsi dalam pelaksanaan program

Layanan interupsi dalam pelaksanaan program

Author: 

No Responses

Leave a Reply