Instruksi Jump, Call, dan Return

 Artikel, Mikroprosesor, Uncategorized

Instruksi ini berfungsi untuk melayani permintaan program untuk melakukan lompat dari satu alamat ke alamat tertentu, panggilan untuk sebuah rutin, dan kembali ke program utama saat rutin yang dipanggil telah selesai tugasnya. Instruksi melompat yang dilaksanakan di Z80 CPU adalah sebuah cabang di dalam program, dimana program counter 16-bit memenuhi syarat seperti yang ditentukan oleh salah satu dari tiga yang tersedia mode pengalamatan (segera diperpanjang, relatif, atau langsung).

Perhatikan bahwa kelompok instruksi lompat memiliki beberapa kondisi yang dapat ditentukan sebelum lompat, jika kondisi ini tidak terpenuhi, program hanya berlanjut dengan instruksi sekuensial berikutnya. Kondisi untuk lompat tergantung pada bit data dalam register flag.
Pengalamatan langsung diperpanjang digunakan untuk melompat ke setiap lokasi di memori,. instruksi ini membutuhkan tiga byte (dua untuk menentukan alamat 16-bit) dengan urutan rendah alamat byte pertama, diikuti dengan alamat urutan tinggi byte. Sebagai contoh, sebuah lompatan tanpa syarat ke lokasi memori 3E32H adalah:

Screenshot_21

Instruksi jump relatif hanya menggunakan dua byte, perpindahan bisa di kisaran 129 sampai -126 dan diukur dari alamat dimana Op Code instruksi berada. Terdapat tiga jenis register untuk fasilitas instruksi lompat tidak langsung, yaitu pasangan register HL atau salah satu dari Indeks register 1X atau IY yang isinya langsung dipindahkan ke register PC. Fitur ini memungkinkan untuk digunakan dalam program lompat sebagai fungsi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.