Hubungan Star dan Delta Pada Motor Induksi Tiga Fasa

 Artikel, Gardu Induk, Uncategorized

Rangkaian star adalah peralatan listrik 3 fasa dimana didalamnya terdiri dari 3 unit/bagian (belitan misalnya) yg sama dirangkai seperti membentuk hurup Y dimana ujung-ujungnya adalah tersambung sebagai line dan bagian tengahnya adalah bagian netral.

Cara mengubungkan motor dalam hubungan star :

1. Mengkopelkan / menguhubungkan salah satu dari ujung-ujung kumparan fasa menjadi satu

2. Sedangkan yang tidak dihubungkan menjadi satu dihubungkan ke sumber tegangan

Untuk lebih jelasnya lihat gambar

Hubungan Star

Rangkaian delta adalah peralatan listrik 3 fase dimana didalamnya terdiri dari 3 unit/bagian yg sama (belitan misalnya) dirangkai seperti membentuk bangun segitiga dimana ujung-ujungnya adalah tersambung sbg line, dan tdk mempunyai netral. Bila ingin mendapatkan netralnya biasanya diambil dari ground dengan syarat sumber tegangannya juga digroundkan

Cara menghubungkan motor dalam hubungan delta :

1. Ujung pertama dari kumparan fasa 1 dihubungkan dengan ujung kedua dari kumparan fasa 3

2. Ujung pertama dari kumparan fasa 2 dihubungkan dengan ujung kedua dari kumparan fasa 1

3. Ujung pertama dari kumparan fasa 3 dihubungkan dengan ujung kedua dari kumparan fasa 2

Untuk lebih jelasnya lihat gambar

Hubungan Delta

Prinsipnya adalah saat sebuah motor tiga fasa di start awal, motor tidak dikenakan nilai tegangan penuh dan hanya arus saja yang digunakan secara penuh. Tentunya motor induksi bertipikal seperti ini hanya motor induksi dengan daya diatas 5.5 HP ( Horse Power ), sedangkan 1 HP adalah bernilai 0.75 KW (kilowatt). Karena penggunaan arus mula yang lumayan besar ini, maka diperlukanlah hubungan bintang ( star ) untuk meminimalisir arus. Setelah motor berputar dan arus sudah mulai turun, barulah dipindahkan menjadi hubungan segitiga ( delta ) sehingga motor tersebut mendapatkan nilai tegangan secara penuh.

Author: 

No Responses

Comments are closed.