Gate turn-off thyristor (GTO)

 Artikel
loading...

Thyristor GTO adalah anggota lain dari keluarga thyristor. Penampilan dan performanya sangat mirip dengan thyristor normal, dengan satu fitur tambahan penting yakni bahwa ia dapat dimatikan (turn off) dengan mengaplikasi pulsa arus negatif pada gate. Thyristor GTO mempunyai kapabilitas tegangan dan arus tinggi dan umumnya digunakan untuk konverter yang lebih besar. Ini terutama bila komutasi sendiri (selfcommutation) diperlukan.

Simbol thyristor

Thyristor GTO Ideal :

  • Forward conduction: lebih sedikit resistansi
  • Forward blocking: Lebih sedikit kerugian (tidak ada arus bocor)
  • Reverse blocking : lebih sedikit kerugian (tidak ada arus bocor)
  • Waktu switch on/off: Sesaat

Performa dari GTO sama dengan thyristor normal. Konduksi arah maju dihambat hingga satu pulsa positif diaplikasi ke terminal gate. Bila GTO telah dihidupkan, maka berprilaku seperti thyristor dan terus mengkonduksi bahkan setelah pulsa gate dihilangkan, jika arus itu lebih tinggi dibanding arus holding. GTO mempunyai penurunan tegangan forward lebih tinggi biasanya 3-5 V. Arus latching dan arus holding juga sedikit lebih tinggi.

Perbedaan penting adalah bahwa GTO bisa dimatikan dengan satu pulsa arus negatif yang diaplikasi pada terminal gate. Fitur penting ini memungkinkan GTO untuk digunakan dalam sirkuit inverter berkomutasi sendiri. Magnitudo pulsa off besar dan bergantung pada magnuitudo arus dalam sirkuit power. Biasanya arus gate harus 20% dari arus anoda. Akibatnya, sirkuit pemicu harus cukup besar dan ini mengakibatkan kehilangan komutasi tambahan. Seperti thyristor, konduksi dihambat dalam arah reverse-biased atau jika arus holding jatuh di bawah satu level tertentu.

Karena GTO adalah satu tipe khusus thyristor, sebagian besar karakteristik lain dari sebuah thyristor yang dicakup di atas juga berlaku pada GTO. Konstruksi mekanik GTO sangat mirip dengan thyristor normal dengan tipe-tipe stud umum untuk unit-unit yang lebih kecil dan tipe-tipe disk umum untuk unit-unit yang lebih besar. Thyristor GTO biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi arus dan tegangan tinggi dan lebih kokoh dan toleran pada over-current, over-voltage dibanding power transistor . GTO tersedia untuk rating hingga 2500 A dan 4500 V. Kelemahan utama adalah arus gate tinggi yang diperlukan untuk mematikan GTO dan penurunan volt forward tinggi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.