Garis Gaya Magnet

 Artikel, Uncategorized

Bumi merupakan magnet alam raksasa, buktinya mengapa kompas  menunjukkan arah utara dan selatan bumi kita. Karena sekeliling bumi sebenarnya dilingkupi garis gaya magnet yang tidak tampak oleh mata kita tapi bisa diamati dengan kompas keberadaannya. Batang magnet memancarkan garis gaya magnet yang melingkupi  dengan arah dari utara ke selatan. Pembuktian sederhana dilakukan dengan menempatkan batang magnet diatas selembar kertas. Diatas  kertas taburkan serbuk halus besi secara merata, yang terjadi adalah  bentuk garis-garis dengan pola pola melengkung oval diujung-ujung kutub  . Ujung kutub utara selatan muncul pola garis gaya yang kuat. Daerah netral pola garis gaya magnetnya lemah.

Arah garis gaya magnet dengan pola garis melengkung mengalir dari  arah kutub utara menuju kutub selatan gambar. Didalam batang  magnet sendiri garis gaya mengalir sebaliknya, yaitu dari kutub selatan ke  kutub utara. Didaerah netral tidak ada garis gaya diluar batang magnet. Pembuktian secara visual garis gaya magnet untuk sifat tarik-menarik  pada kutub berbeda dan sifat tolak-menolak pada kutub sejenis dengan menggunakan magnet dan serbuk halus besi gambar . Tampak jelas  kutub sejenis utara-utara garis gaya saling menolak satu dan lainnya.  Pada kutub yang berbeda utara-selatan, garis gaya magnet memiliki pola  tarik menarik. Sifat saling tarik menarik dan tolak menolak magnet menjadi  dasar bekerjanya motor listrik.

Untuk mendapatkan garis gaya magnet yang merata disetiap titik  permukaan maka ada dua bentuk yang mendasari rancangan mesin  listrik. Bentuk datar (flat) akan menghasilkan garis gaya merata setiap titik  permukaannya. Bentuk melingkar (radial), juga menghasilkan garis gaya yang merata setiap titik permukaannya gambar dibawah

Garis gaya magnet pada permukaan rata dan silinde

Garis gaya magnet pada permukaan rata dan silinde

Author: 

No Responses

Leave a Reply