Direct On Line (DOL)

 Artikel, Elektromagnetik, Uncategorized

Pengendalian hubungan langsung dikenal dengan istilah Direct On Line (DOL) dipakai untuk mengontrol motor induksi dengan kontaktor Q1. Rangkaian daya  memperlihatkan ada lima kawat penghantar, yaitu L1, L2, L3, N dan PE, ada tiga buah fuse F1 yang gunanya sebagai pengaman hubung singkat jika ada gangguan pada rangkaian daya. Sebuah kontaktor memiliki enam kontak, sisi supply terminal 1, 3 dan 5, sedangkan disisi beban terhubung ke motor terminal 2, 4 dan 6. notasi ini tidak boleh dibolakbalikkan.

Rangkaian daya dan kontrol motor induksi

Rangkaian daya dan kontrol motor induksi

Rangkaian kontrol dipasangkan fuse F2 sebagai pengaman jika terjadi hubung singkat pada rangkaian kontrol. Posisi menghidupkan atau ON Jika tombol Normally Open S1 di ON kan listrik dari jala-jala L akan mengalir melewati fuse F2, S1, S2 melewati terminal koil A1A2 dari koil Q1 ke netral N. Akibatnya koil kontaktor Q1 akan energized dan mengaktifkan kontak Normally Open Q1 terminal 13,14 akan ON dan berfungsi sebagai pengunci. Sehingga ketika salah satu tombol S1 posisi OFF aliran listrik ke koil Q1 tetap energized dan motor induksi berputar. Posisi mematikan atau OFF Tombol tekan Normally Close S2 ditekan, maka loop tertutup dari rangkaian akan terbuka, hilangnya aliran listrik pada koil kontaktor Q1 akan de-energized. Akibatnya koil kontaktor OFF maka kontak-kontak daya memutuskan aliran listrik ke motor

Dol

Rangkaian daya dan kontrol Direct ON Line (DOL)

Rangkaian daya dan kontrol gambar di atas. yang membedakan adalah terdapat dua tombol Normally Open S1 dan S3 untuk menghidupkan rangkaian. Juga terdapat dua tombol Normally Close S2 dan S4 untuk mematikan rangkaian.

Author: 

No Responses

Comments are closed.