Dipol listrik

 Artikel, Listrik Dasar, Uncategorized

Jika dua buah muatan berlawanan ”diposisikan” sejauh d seperti pada gambar maka terbentuk sebuah sistem sumber listrik statis yang disebut dipol listrik (Yunani : dyo = dua, polos = sumbu/pasak).

Dipol listrik ditemukan pada molekul H2O

Dipol listrik ditemukan pada molekul H2O

Dipol listrik ini menarik, karena meskipun secara total besar muatannya nol (karena q + (-q) = 0), namun dapat kita lihat bahwa sistem dipol masih memiliki medan listrik di sekitarnya. Di alam dipol listrik ditemukan dalam molekul H2O di mana hidrogen memiliki muatan positif, sedangkan oksigen bermuatan negatif.

Dalam medan listrik dipol yang dibentuk oleh molekul H2O bergerak menyearahkan diri dengan medan yang mempengaruhinya, dan jika medan ini dibuat bolak-balik, maka molekul H2O ikut berosilasi bolak-balik sehingga menaikkan temperaturnya. Teknik inilah yang dimanfaatkan oleh Percy Lebaron Spencer secara tidak sengaja dalam ”menemukan” pemanggang microwave pertama kali pada tahun 1946-an.

Dalam pemanggang microwave, medan listrik dengan frekuensi 2,45 GHz (atau dengan panjang gelombang 12.2 cm) di dalamnya dibuat bolak-balik sehingga membuat molekul H2O yang ada di dalam makanan bergerak bolakbalik juga, akibat gerak bolak-balik ini makanan yang dipanggang menjadi panas dan dalam waktu yang cukup dapat mematangkan makanan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.