Dioda Penyearah

 Artikel, Elektro Dasar
loading...

Diode adalah merupakan saklar elektronik yang lidak dapat dikendalikan  (tidak terdapat sinyal kendali untuk menyalakan ataupun memadamkan). Komponen tersebut dapat bereaksi tergantung pada tegangan dan arus dari  rangkaian yang menghubungkannya. Diode semikonduktor banyak ditemukan dalam berbagai aplikasi bidang rekayasa elektronika dan elektrik,  disamping itu diode secara luas juga dipakai dalam rangkaian elektronika  daya untuk mengkonversi daya elektrik. Dalam bab ini beberapa rangkaian  diode yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika daya untuk  pemrosesan daya (power processing).

1. Penyearah Diode Setengah Gelombang

Penyearah setengah gelombang

Gambar 8.1 Penyearah setengah gelombang

Perhatikan rangkaian pada gambar 8.1, dimana sumber masukan sinusoida dihubungkan dengan beban resistor melalui sebuah diode. Untuk sementara kita menganggap keadaan ideal, dimana hambatan masukan sinusoida sama dengan nol dan diode dalam keadaan hubung singkat saat berpanjar maju dan keadaan hubung terbuka saat berpanjar mundur.

 

Besarnya keluaran akan mengikuti masukan saat masukan berada di atas “tanah” dan berharga nol saat masukan di bawah “tanah” seperti diperlihatkan pada gambar 8.2. Jika kita ambil harga rata-rata bentuk gelombang keluaran ini untuk beberapa periode, tentu saja hasilnya akan positif atau dengan kata lain keluaran mempunyai komponen DC. Kita juga melihat komponen AC pada keluaran. Kita akan dapat mengurangai komponen AC pada keluaran jika kita dapat mengusahakan keluaran positif yang lebih besar, tidak hanya 50% seperti terlihat pada gambar 8.1-b..

Penyearah Diode Gelombang Penuh

Terdapat cara yang sangat sederhana untuk meningkatkan kuantitas keluaran positip menjadi sama dengan masukan (100%). Ini dapat dilakukan dengan menambah satu diode pada rangkaian seperti terlihat pada gambar 8.2. Pada saat masukan berharga negatif maka salah satu dari diode akan dalam keadaan panjar maju sehingga memberikan keluaran positif. Karena keluaran berharga positif pada satu periode penuh, maka rangkaian ini disebut penyearah gelombang penuh. Pada gambar 8.2 terlihatbahwa anode pada masing-masing diode dihubungkan dengan ujung-ujung rangkaian sekunder dari transformer. Sedangkan katode masing masing diode dihubungkan pada titik positif keluaran. Beban dari penyearah dihubungkan antara titik katode dan titik center-tap (CT) yang dalam hal ini digunakan sebaga referensi atau “tanah”.

Author: 

No Responses

Comments are closed.