Diagram vektor tegangan-tegangan suplai main tiga fase

 Artikel
loading...

Tegangan-tegangan ini biasanya ditunjukkan secara grafik sebagai sebuah diagram vektor, yang berotasi berlawanan jarum jam pada frekuensi 50 kali per detik. Sebuah diagram vektor dari tegangantegangan ini serta amplitudo-amplitudo dan posisi-posisi relatifnya ditunjukkan dalam Gambar dibawag. Bentuk-bentuk gelombang tegangan sinusoidal, dari tegangan suplai, bisa diperoleh dari rotasi diagram vektor.

D1 dihambat dan terminal DC positif mengikuti VB hingga komutasi

Keluaran konverter adalah tegangan DC yang disearahkan VD, yang mengalirkan arus DC ID melalui beban pada sisi penyearah. Dalam sirkuit ideal tersebut, diasumsikan bahwa arus DC ID konstan dan sepenuhnya smooth tanpa tegangan kerut (ripple). Rangkaian jembatan terdiri dari dua kelompok komutasi, satu tersambung ke positif, yang terdiri dari diodadioda D1-D3-D5, dan satu tersambung ke negatif, yang terdiri dari diodadioda D4-D6-D2. Komutasi tersebut mentransfer arus dari satu dioda ke yang lainnya secara berangkai dan masing-masing dioda mengkonduksi arus untuk 1200C setiap siklus, sebagaimana ditunjukkan dalam Gambar

Dalam kelompok diatas, terminal DC positif mengikuti tegangan tertinggi dalam rangkaian VA-VB-VC melalui dioda-dioda D1-D3-D5. Bila VA mendekati puncak positifnya, dioda D1 mengkonduksi dan tegangan terminal DC positif mengikuti VA. Arus DC mengalir melalui beban dan kembali melalui salah satu dioda kelompok lebih rendah. Pada waktu yang sama, VB naik dan pada akhirnya mencapai satu titik, dimana menjadi sama dengan dan mulai melebihi VA. Pada titik ini, tegangan arah maju pada dioda D3 menjadi positif dan mulai menjadi on. Tegangan komutasi dalam sirkuit ini, VB-VA mulai menggerakkan suatu arus komutasi yang meningkat walaupun induktansi sirkuit dan arus melalui D3 mulai meningkat, ketika arus dalam D1 menurun. Dalam serangkaian peristiwa yang serupa dengan yang digambarkan di atas, komutasi terjadi dan arus ditransfer dari dioda D1 ke dioda D3. Pada akhir periode komutasi, dioda D1 dihambat dan terminal DC positif mengikuti VB hingga komutasi berikutnya terjadi, untuk mentransfer arus ke dioda D5. Setelah dioda D5, komutasi mentransfer arus kembali ke D1 dan siklus ini berulang.

Author: 

No Responses

Comments are closed.