Diagram blok VFD

 Artikel
loading...

Motor berkecepatan tetap dan motor dua kecepatan telah dibahas dalam bab-bab sebelumnya. Berbagai aplikasi industri memerlukan kontrol gerak mesin dengan bantuan motor-motor seperti itu. VFD memberi batasan kontrol kontinu atas kecepatan mesin. Beberapa aplikasi, seperti pabrik kertas, rolling mill, pompa, dan alat-alat mesin tidak dapat berjalan tanpa VFD ini sedangkan yang lainnya, seperti pompa sentrifugal, bisa mendapat manfaat dari penghematan energi. Umumnya VFD digunakan untuk melakukan berikut ini:

  • Menyesuaikan kecepatan pengendali dengan keperluan kecepatan proses
  • Menyesuaikan torque (kopel/torsi) pengendali dengan keperluan kopel proses
  • Menghemat energi dan meningkatkan efisiensi.

VFD elektrik dasar terdiri dari sebuah motor, unit kontrol pengendali, unit sensor, dan sebuah input operator. Diagram blok dasar dari sebuah pengendali elektrik berkecepatan variabel ditunjukkan dalam Gambar berikut

Diagram blok VFD

Diagram blok VFD

Unit kontrol pengendali adalah sebuah perangkat yang memodulasi energi dari sumber ke motor . Melalui panel operator, seseorang dapat meningkatkan atau menurunkan set point drive. Sebuah unit umpan balik memberi umpan balik kecepatan aktual pada pengendali. Kemudian modulator daya atau unit kontrol pengendali yang mengontrol kecepatan, kopel, dan daya, bersama dengan arah motor dan mesin. Modulator daya bisa digunakan sebagai satu alat, untuk pengontrolan motor. Ini me- mungkin harus digunakan dalam tipe gabungan untuk tipe-tipe aplikasi lain tertentu. Berikut ini adalah tipe-tipe modulator konverter bersama dengan uraian singkat dari masing-masing.

Author: 

No Responses

Leave a Reply