D-Flip-Flop

 Artikel, Mikroprosesor
loading...

D-FF adalah sebuah penyimpan bit data yang hanya memiliki satu masukan dan dua keluaran, untuk memindahkan bit data yang diberikan pada masukan dilakukan dengan memberikan sebuah clock. Gambar dibawah merupakan prinsip rangkaian D-FF yang dibangun dari sebuah JK-FF, yaitu dengan menambahkan sebuah gerbang dasar NOT pada masukan K dan masukan pada gerbang dasar NOT disambungkan dengan masukan J pada JK-FF. Huruf D pada D-FF merupakan singkatan dari kata delay yang artinya tunda waktu, perubahan pada keluaran Q dan terjadi setelah terjadi clock dan logika Q akan selalu sama dengan D.

Rangkaian dan Diagram Blok D Flip-flop

Rangkaian dan Diagram Blok D Flip-flop

Masukan JK-FF dibuat berlogika komplemen antara masukan J dan masukan K pada JK-flip-flop (diberi gerbang NOT), berdasarkan tabel JK-FF setelah diberi satu kali clock diperolah logika keluaran Q sama dengan logika masukan J. Selanjutnya masukan J tersebut diberiri notasi D yang artinya D-flip-flop, D-FF banyak digunakan untuk menyimpan bit data seperti register,

memori atau port keluaran. Sehingga fungsi D-flip-flop dapat dibuat dalam bentuk tabel fungsi seperti ditunjukan pada tabel fungsi berikut:

Tabel Fungsi D-FF

Author: 

No Responses

Leave a Reply