Cos meter

 Artikel, Pengukuran Listrik, Uncategorized

Cos meter adalah alat ukur faktor kerja daya untuk jaringan ac yang akan mengukur suatu pergeseran phasa antara tegangan dan arus pada suatu beban listrik. Dalam hal ini alat ukur cos meter termasuk suatu alat ukur tipe elektrodinamis kumparan silang. Untuk rangkaian cos meter dapat dilihat pada gambar dibwah ini :

Cos

Keterangan GB cos meter jumlah lilitan P dan Q sama banyak dimana kumparan P dihubung seri dengan tahanan R dan kumparan Q dihubung seri dengan tahanan C, sehingga arus yang melalui kumparan Q mendahului arus melalui kumparan P sebesar 90° listrik. Apabila cos meter bekerja pada jaringan beban resistip maka arus yang mengalir pada kumparan P akan sephasa dengan arus yang mengalir pada kumparan tetap AB sehingga torsi kumparan silang = 0. Maka jarum penunjuk tidak bergerak yang dikalibrasi cos= 1. Tetapi jika beban reaktip murni (L atau C). Arus melalui kumparan Q akan sepasa dengan kumparan AB dan berbeda

phasa dengan kumparan P sebesar 90 derajat akibatnya kumparan silang (tegangan) bergerak sedemikian rupa dimana kumparan Q membentuk posisi baru menjadi tegak lurus terhadap kumparan AB yang ditandai dengan cos φ = 0. Selanjutnya jarum akan bergerak sebesar φ derajat. Apabila arus beban I bergeser sebesarφ derajat terhadap beban. Arah gerakan jarum penunjuk searah jarum jam ditandai dengan (LAG) atau mendahului Dan yang berlawanan dengan arah jarum jam akan ditandai dengan (LEAD) atau tertinggal Dapat dibaca pada papan skala pembacaan cos meter.

Author: 

No Responses

Comments are closed.