Catu Daya 25 volt Mikroprosesor

 Artikel, Mikroprosesor
loading...

Catu daya 25 volt difungsikan sebagai pemberi catu tegangan pada rangkaian pemrogram EPROM (2716, 2732 atau 2764), untuk keperluan tersebut rangkaian dapat dibangun dari rangkaian dasar penyearah 4 dioda seperti pada catu daya 5 volt ataupun catu daya +/- 12 volt. Keempat diode membentuk model penyearah gelombang penuh, penyearah tersebut diumpankan pada kumparan sekunder transformator dengan tegangan bolak-balik 30 volt. Agar tegangan keluaran catu daya dapat memberikan tegangan dapat diatur antara 20 volt sampai 30 volt DC maka diperlukan rangkaian pengatur, dan untuk menjaga stabilitas tegangan yang tinggi maka dipasangkan sebuah rangkaian pengatur tegangan dan sekaligus sebagai penstabil tegangan.

Pada rangkaian catu daya ini IC dengan tipe 7805 berfungsi sebagai pengatur tegangan dan juga sebagai penstabil tegangan, tegangan masukan sebesar 30 volt untuk dapat mencapai tegangan keluaran yang dapat diatur antara 20 volt sampai 30 volt DC sesuai dengan kebutuhan. Untuk menjaga agar IC penstabil tegangan tidak terlalu panas maka tegangan masukan yang berasal dari transformator diambil dengan tegangan sebesar 30 volt untuk keperluan ini dibutuhkan arus listrik sebesar 1 ampere.

Catu daya yang dapat diatur keluarannaya 20 volt.. 30 volt DC

Agar kualitas lebih baik lagi maka IC 7805 perlu diberi pendingin dari bahan aluminium, sehingga tidak terjadi lonjakan panas yang tinggi pada IC saat dibebani. Untuk menjaga interferensi frekuensi tinggi maka perlu dipasangkan filter untuk frekuensi tinggi, untuk itu dua kondensator yang masing-masing besarnya 100 nF dipasangkan secara paralel pada kedua kondensator sebelumnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.