Bipolar junction transistors (BJT)

 Artikel
loading...

Transistor secara tradisional telah digunakan sebagai alat-alat amplifikasi (penguat), di mana kontrol basis arus digunakan untuk membuat transistor konduktif hingga derajat yang lebih besar atau lebih kecil. Hingga barubaru ini, mereka tidak banyak digunakan untuk aplikasi power elektronik Alasan utama adalah karena sirkuit-sirkuit protektif dan kontrol jauh lebih rumit dan mahal, dan transistor tidak tersedia untuk aplikasi berdaya tinggi. Mereka juga tidak mempunyai kapasitas overload thyristor dan untuk melindungi transistor dengan sekering tidak layak.

Simbol Transistor

Transistor NPN, yang dikenal sebagai BJT, adalah alat hemat biaya untuk digunakan dalam konverter elektronika daya. BJT modern biasanya disuplai dalam sebuah modul yang dipadatkan dan masing-masing BJT mempunyai dua terminal power, yang dinamakan kolektor (C) dan emitter (E), dan satu terminal kontrol ketiga yang dinamakan base (B).

TransistorIdeal

  • Forward conduction: lebih sedikit resistansi
  • Forward blocking: Lebih sedikit kerugian (tidak ada arus bocor)
  • Reverse blocking: lebih sedikit kehilangan (tidak ada arus bocor)
  • Waktu switch on/off: Sesaat

Sebuah transistor tidak selalu merupakan alat bi-stable (on/off). Untuk membuat sebuah transistor sesuai untuk kondisi-kondisi dalam sebuah 15 sirkuit elektronika daya di mana diperlukan untuk men-switch dari keadaan blocking (tegangan tinggi, arus rendah) ke keadaan konduksi (tegangan rendah, arus tinggi) ia harus digunakan dalam kondisi-kondisi ekstrim— sepenuhnya off atau sepenuhnya on. Ini potensial menekan transistor dan trigger, dan sirkuit-sirkuit pelindung harus dikordinir, untuk menjamin transistor tidak dibolehkan beroperasi di luar area operasi amannya. Konduksi forward dihambat hingga arus positif diaplikasi pada terminal gate dan ia mengkonduksi sepanjang tegangan diaplikasi. Selama konduksi forward, juga memperlihatkan penurunan tegangan forward, yang menyebabkan kerugian dalam sirkuit power. BJT bisa dimatikan (turn off) dengan mengaplikasi arus negatif pada gate.

Author: 

No Responses

Comments are closed.