Bintang Segitiga tanpa Timer

 Artikel, Elektromagnetik
loading...

Rangkaian daya hubungan bintang-segitiga manual gambar dibawah, maksudnya perpindahan dari hubungan bintang ke hubungan segitiga dilakukan secara manual oleh operator. Fuse F1 untuk mengamankan jika terjadi hubungan singkat pada rangkaian daya, thermal overload relay F3 berfungsi sebagai pengaman beban lebih. Saat kontaktor Q1 dan Q2 posisi ON motor terhubung secara bintang. Operator harus menekan tombol tekan S3 ditekan maka Q1 tetap ON, kontaktor Q2 akan OFF sementara kontaktor Q3 akan ON dan motor kini terhubung segitiga. Untuk mematikan tombol S1 ditekan, maka rangkaian kontrol terputus, koil Q1, Q2 dan Q3 akan OFF, rangkaian daya dan kontrol terputus. Jika terjadi beban lebih thermal overload relay berfungsi kontak F3 akan membuka rangkaian kontrol dan rangkaian daya terputus

Pengawatan Daya Bintang - Segitiga

Posisi Hubungan Bintang

Tombol tekan Normally Open S1 ditekan, terjadi loop tertutup pada rangkaian koil Q1 dan koil Q2. Saat tersebut motor terhubung bintang. Perhatikan koil Q2 seri dengan kontak Q3 dan koil Q3 seri dengan kontak Q2 artinya kedua koil saling terkunci dan keduanya bekerj bergantian tidak akan pernah bekerja bersamaan.

Pengawatan kontrol bintang-segitiga

Pengawatan kontrol bintang-segitiga

Posisi Hubungan Segitiga

Jika operator menekan tombol Normally Close S3, Q1 tetap ON, Q2 akan OFF dan berikutnya Q3 justru ON. Saat tersebut motor terhubung segitiga. Pergantian dari posisi hubungan bintang menuju hubungan segitiga dilakukan oleh operator. Dengan menambahkan sebuah timer maka perpindahan secara manual dapat dilakukan secara otomatis dengan melakukan setting waktu antara 30 detik sampai 60 detik. Untuk mematikan rangkaian dengan menekan tombol Normally Close S1, rangkaian kontrol akan terbuka, akibatnya rangkaian daya dan rangkaian kontrol terputus. Jika terjadi gangguan beban lebih maka thermal overload relay F3 kontaknya terbuka, hasilnya baik rangkaian daya dan rangkaian kontrol akan terputus dan motor aman.

Author: 

No Responses

Comments are closed.