Besi dalam Medan Magnet

 Listrik Dasar, Uncategorized

Sebuah kumparan tanpa inti diberi catu tegangan searah melalui pengukur arus. Dekatkan sebuah besi kecil,misalkan klip, perhatikan kejadiannya. Kemudian isi kumparan dengan inti besi, dekatkan sebua besi kecil tadi, amati kejadiannya.  Inti besi menarik klip besi dengan lebih kuat dibanding tanpa inti besi, diperlihatkan Gambar berikut. Molekul-molekul besi tersearahkan oleh medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan. Sehinngga inti besi memiliki sifat magnet.

Kumparan tanpa

AboutUNY

Kekuatan magnetnya naik dengan naiknya arus kumparan, tetapi pada besar arus tertentu kekuatan magnetnya tidak naik lagi (jenuh). Kondisi kemagnetan besi pada kuat medan yang sama pada beberapa bahan berbeda. Pada gambar dibawah digambarkan kondisi tersebut, dimana
digambarkan kerapatan medan (B) dari inti besi sebuah kumparan dalam ketergantungan terhadap kuat medan (H). Perbandingan kerapatan fluks magnet dengan kuat medan magnet disebut permeabilitas. Permeabilitas merupakan hasil kali antara konstanta medan magnet dengan permeabilitas relatif.

Kurva Kemagnetan

Author: 

No Responses

Leave a Reply